Personil Kodim 1509/Labuha Ikuti Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Jelang Pam Nataru

Kamis, 23 Desember 2021, 12/23/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - Apel gelar pasukan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan sandi Operasi Lilin tahun 2021 di laksanakan di Lapangan Upacara Polres Halmahera Selatan, yang beralamat di Jalan Karet Putih, Desa Kampung Makian, Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Kamis (23/12/2021).

Ops Lilin Tahun 2021 dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Polres Halmahera Selatan, bertemakan "Mewujutkan Sitkamtibmas yang Kondusif Serta Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Masyarakat Dalam Merayakan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 Dalam Masa Pandemi Covid-19".

Turut hadir dalam upacara tersebut Bupati Halsel Hi. Usman Sidik, Kajari Halsel Fajar Haryo Wimboko, S.H., Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Untung Prayitno, S.I.P., M.Han., Kapolres Halsel AKBP Muhammad Irfan, S.I.K., Dansub Denpom/1-2 Labuha Letda Cpm Devit Prasetiawan serta Danpos AL Bacan Letda Aris Darsono.

Personil yang terlibat dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin yakni, 1 SST Kompi Senapan A/ 732 R/Khusus RK, 1 SST Kodim 1509/Labuha, 1 SST Anggota Polres Halsel, 1 SSR Gabungan Satpol PP, 1 SSR KPLP Halsel, 1 SSR Dishub Halsel dan Basarnas.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Bupati Halsel menjelaskan, bahwa apel gelar pasukan Operasi Lilin tahun 2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri ini melibatkan berbagai instansi.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan terakhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2021, dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022. 

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.


Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan  personil baik dari TNI serta instansi terkait lainnya. Personil tersebut akan ditempatkan pada pos pengamanan yang sudah di plot untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas, serta Pos Lantas pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, Stasiun ,Terminal, Bandara dan Pelabuhan.

"Waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pendiri covid 19, Saat ini kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan tahun baru menumbuhkan Cluster Cluster baru penyebaran covid-19. 

Ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, aksi perusakan fasilitas umum dan tawuran antar kelompok pemuda atau antara Kampung.

Lakukan deteksi dini dengan menggunakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini," demikian amanat Kapolri yang dibacakan Bupati Halsel H. Usman Sidik.

Operasi Lilin tahun 2021 digelar secara serentak diseluruh Indonesia selama 10 hari, terhitung mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 02 Januari 2022.

Kegiatan ini dilakukan oleh personil TNI/Polri bersama instansi lainnya untuk melaksanakan pengamanan terkait ganggu Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas selama pelaksanaan Nataru 2022, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.*

(Jeffri)

TerPopuler

> Whatsapp-Button