Tumbuhkan Ketahanan Pangan "Ala Polres Badung"

Selasa, 28 Desember 2021, 12/28/2021 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Sering kita sepelekan hal-hal kecil yang tak terduga manfaatnya seperti pendekatan pro aktif Polres Badung dalam program 'Polisi Berkebun'. Semisal menanam sebatang pohon di halamamn rumah kita yang kosong, apalagi mampu menanam kebutuhan pangan masyarakat ala Polres Badung, bukankah ini bentuk nyata kepedulian kita kepada ibu pertiwi, terutama kepada sesama di tengah Pandemi Covid -19 ??. 

Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, S.I.K., S.H., M.H., menjelaskan, kebutuhan masyarakat akan pangan di tengah Pandemi Covid -19, terutama tanaman cepat panen seperti kacang Edamame, jagung dan kebutuhan pokok lainnya selain memiliki pasar yang cukup bagus juga epektif ditanam ditanah yang memiliki kadar airnya sedikit.

Kegiatan polisi berkebun Polres Badung ini, adalah kegiatan nyata yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Pasalnya kalangan pekerja produktif banyak yang kehilangan pekerjaannya karena di PHK. Ini merupakan solusi jitu dalam menumbuh kembangkan kembali ekonomi masyarakat.

"Setidaknya kegiatan kecil polisi berkebun ini dapat mengakomudir kebutuhan pangan masyarakat," ungkap Pria yang tak pernah ketinggalan olah raga paginya.

Ia juga mengatakan, bahwa program Polisi Berkebun ini sejalan dengan dengan program pemerintahan pusat yakni program ketahanan pangan nasional.


Terkait situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Badung, program unggulan Polres Badung ini sangat menekan gangguan Kamtibmas seperti pencurian, penganiayaan yang kadang kala masyarakat enggan untuk melapor. Dengan adanya Pemolisian Masyarakat kejadian seperi ini dapat di cegah.

"Ini keamanan yang menguntungan," terang Pria Lulusan Akpol 2002 di tenda Polres Badung saat Coffe Morning. Selasa, (28/12) pagi pukul 09.00 wita.

"Ini bisa kita jadikan contoh buat generasi muda untuk menanam palawija beternak babi dan beternak lele untuk mencukupi kebutuhan pokoknya," sebutnya 

"Polmas (Pemolisian Masyarakat) program ini sudah cukup lama, kali ini akan kita galakkan kembali dengan pro aktif ke masyarakat, guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan menguntungkan,"
pungkasnya.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button