Bupati Anwar Sadat Sosialisasikan Perda Nomor 5 Tahun 2018

Rabu, 12 Januari 2022, 1/12/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. memimpin Rapat Koordinasi tentang Perda Nomor 5 tahun 2018 tentang pemberdayaan dan penempatan tenaga kerja lokal bersama perusahaan-perusahaan di wilayah Tanjab Barat, Rabu (12/1/2022).

Terkait hal itu, Bupati menghimbau agar perusahaan-perusahaan benar-benar melaksanakan Perda yang dimaksud dengan memberdayakan tenaga kerja lokal.

"Mari kita berdayakan pekerja lokal dan mohon diingatkan bahwa ada Perda yang mengatur hal tersebut. Bahkan di dalam Perda tersebut dijelaskan, bahwa ada sanksi administratif jika ada yang melanggar hal tersebut, sanksi paling ringan berupa peringatan tertulis dan sanksi terberat adalah pencabutan izin," ujar Bupati.

Pada Rakor yang diselenggarakan di Balai Pertemuan tersebut, Bupati juga sampaikan perlu adanya persamaan persepsi dan sinergi yang baik antara pemerintah dan perusahaan, dalam membangun Tanjung Jabung Barat.

Bupati juga menambahkan, sebelumnya juga telah dilaksanakan MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Tanjab Barat dengan beberapa perusaan dalam wilayah Kabupaten tentang pemberdayaan dan penempatan tenaga kerja lokal.

"Saya minta tolong dijalankan MoU dan PKS yang telah dilaksanakan sebelumnya, dan dari data By Name By Addres Disnaker Tanjab Barat, terdapat 106 perusahaan yang beroperasi, dari 106 perusahaan tersebut baru dapat menyerap tenaga kerja lokal sekitar 53,8%, dan saya harap ditahun ini mencapai 70%," harapnya.

Menurut Bupati, komunikasi antara Pemkab dengan perusahaan tidak boleh terputus agar masalah yang ada bisa dipecahkan secara bersama-sama, serta saling bahu membahu. 

Lebih lanjut Bupati juga ingatkan, agar perusahaan terus aktif dalam mendukung program vaksinasi, terutama bagi tenaga kerja di masing-masing perusahaan.

"Semoga, melalui rakor ini dapat meningkatkan dan semakin mempererat kerjasama yang selama ini telah kita laksanakan. Saya juga berharap, semoga di tahun 2022 ini kita dapat membuat lompatan besar dalam pembangunan SDM khususnya dibidang ketenagakerjaan, tentunya itu tidak lepas dari dukungan bapak/ibu pimpinan perusahaan," pungkasnya.

Sementara itu, disampaikan Kepala Disnaker Tanjung Jabung Barat Dianda Putra, S.S.T.P., M.Si., rapat koordinasi antara Pemkab dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Tanjab Barat ini diikuti oleh pimpinan maupun perwakilan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tanjab Barat, termasuk BUMN dan BUMD, serta beberapa OPD terkait.*

(DN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button