Setelah Tahu Manfaatnya, Kini Polsek Kuta Utara Buka Lahan Baru

Jumat, 14 Januari 2022, 1/14/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Polsek Kuta Utara mulai bulan Oktober 2021 telah menjalankan program 'Polisi Bersemi' 
(Berkebun Di Masa Pandemi Covid-19) bertempat di Subak Umadesa, Banjar Padang Linjong, Desa Canggu dengan memanfaatkan lahan bekas TPA Canggu seluas 600 M².

Lahan tersebut di tanami  berbagai tanaman sayuran seperti terong, kangkung darat, cabai, tomat, bunga gumitir dan lainnya serta sudah beberapa kali dilakukan masa panen. 

Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kuniawandari, S.H., S.I.K., mengatakan, setelah berhasil mengolah lahan bekas TPA Canggu yang di penuhi sampah plastik yang membuat tidak enak di pandang mata,  kini Polsek Kuta Utara kembali melanjutkan  program, 'Polisi Bersemi' dengan mengelola lahan milik I Nyoman Mariatna seluas 1000 m² terletak di subak Daksina jalan Panggang wilayah Banjar Kulibul Kawan, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Jumat (14/1) pagi.

Rencananya dalam waktu secepatnya lahan tersebut akan di tanami berbagai tanaman bunga guna menjaga kestabilan persediaan pangan di tengah pandemi Covid-19 bagi masyarakat di sekitar garapan kebun tersebut.


"Langkah ini sudah diterapkan di Subak Umadesa Canggu dan hasilnya sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar," terang Kompol Putu Diah.

Nantinya anggota Polsek Kuta Utara khususnya Bhabinkamtibmas akan berbaur dengan warga memanfaatkan lahan tidur untuk dikelola dan ditanami aneka bunga  mulai dari penggarapan lahan, tanam bibit, pemeliharaan dan masa panen.

" Kita libatkan mulai dari penyuluh pertanian, Pekaseh, pemilik lahan dan warga serta didukung oleh pihak pemerintahan seperti Desa dan Dinas Pertanian Kabupaten Badung agar hasilnya maksimal dan bisa di nikmati masyarakat sekitar," tutupnya.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button