Bupati Agara Lantik Pejabat Eselon II, III dan IV

Selasa, 08 Februari 2022, 2/08/2022 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Agara - Bupati Aceh Tenggara Drs. H. Raidin Pinim, M.A.P. melantik 11 orang Pejabat Tinggi Pratama Administrator dan pengawasan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara. Acara pengambilan sumpah dan pelantikan ini di gelar di Oproom Sekdakab Kantor Bupati Aceh Tenggara, Senin (7/2/2022). 

Turut Hadir dalam pelantikan ini, Wakil Bupati (Wabup) H. Bukhari Buspa, Sekertaris Daerah Aceh Tenggara (Agara) M. Ridwan beserta para Staf Ahli, Asisten dan beberapa Kepala OPD beserta dengan Unsur Forkopimda, Anggota DPRD Agara dan Perwakilan Unsur Stakeholder Kabupaten Aceh Tenggara.

Dalam sambutannya Bupati Aceh Tenggara Drs. H. Raidin Pinim menyampaikan, bahwasanya sumpah jabatan ini bukan hanya formalitas dan seremonial saja, namun ini merupakan titik awal di dalam menjalankan tugas dan memegang amanat dengan sebaik-baiknya kearah yang lebih baik lagi.

"Sesuai dengan sumpah yang saudara ucapkan, nantinya akan saudara pertanggungjawaban dihadapan Allah SWT," pesan Bupati Aceh Tenggara dengan tegas.


Dalam pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan ini penuh dengan penghayatan akan menuntut nurani dan tugas, dan akan menuntut pribadi yang sadar akan amanah dan tanggung jawab, hampir tidak ada celah untuk berbuat dusta terhadap sumpah yang telah diucapkan.

Di dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi jabatan harus dengan sebaik-baik mungkin, dan akan menjunjung tinggi kejujuran dengan profesionalitas.

"Bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sesuai dengan kewenangan saudara, dengan tidak memutuskan masalah yang bukan menjadi kewenangan saudara," ucap Bupati.

"Dalam rangka meningkatkan disiplin dan pembinaan kepegawaian, saya berharap kepada pejabat yang baru saja dilantik dan seluruh aparatur negara agar mempedomani Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin kepegawaian negeri sipil (PNS) dan peraturan terhadap badan kepegawaian nomor 21 tahun 2010 sebagai petunjuk pelaksanaannya," sambungnya.

Selaku pejabat pembina kepegawaian daerah, saya mempunyai kewajiban dan kewenangan dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, dan membina seluruh pejabat pada Pemda Kabupaten Aceh Tenggara, dalam rangka mewujudkan kinerja pemerintahan yang baik ataupun good government.


Saya mengajak kepada saudara/Saudari untuk mau bekerjasama dalam mewujudkan program pembangunan di berbagai lintas sektoral di Kabupaten Aceh Tenggara, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Saya percaya dengan potensi yang dimiliki dan diberkahi dengan kerja keras kita, semuanya itu bisa kita capai.

Di dalam kesempatan ini, saya mengucapkan selamat bertugas kepada Saudara/Saudari, semoga Allah SWT akan memberikan Rahmad dan Hidayah Nya kepada kita semua di dalam melaksanakan pengabdian kepada Daerah, Bangsa dan Negara.

Kepada para saudara/Saudari yang mana telah diberikan amanah, sekali lagi saya ingatkan untuk bisa berkerja yang lebih baik dan serius meningkatkan kinerja dan teruslah berkontribusi bagi masyarkat kabupaten Aceh Tenggara, Negeri Sepakat Segenap yang kita cintai ini," demikian arahan dan pesan Bupati H. Raidin Pinim.

Adapun pejabat tinggi pratama (eselon II) yang baru saja dilantik diantaranya, Firman Desky, S.S.T.P., M.A.P., di lantik sebagai Kepala Dinas Perikanan, Fitriaty, S.S.T.P., dilantik sebagai Kepala Dinas Pangan dan Budi Afrizal, S.K.M., M.K.M. dilantik sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Aceh Tenggara.

Sementara Pejabat Administrator dan Pengawas pada (eselon III dan IV) yang dilantik diantaranya, Aswin, S.E., Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana pada Sekertaris Daerah (Sekda) Aceh Tenggara, Zulfan Efendy, S.Ps.I., M.Ps.I. menjabat sebagai sekretaris pada rumah sakit umum, H. Sahudin Kutacane, Ardian Busra, S.S.T.P., M.A.P. sebagi Kabag Pemerintahan Sekda Agara, Rimandani, S.S.T.P., sebagai Kabid Penegak Perundang Undangan Daerah dan Syariat Islam pada Satpol PP dan WH Aceh Tenggara.

Kemudian M. Ridwan Ansyari, S.Sos., sebagai Kabid Kearsipan Pengelolaan Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka pada Dinas Perpustakaan Agara, Dedi Husaini, S, M.I.Kom. sebagai Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan pada DPMPTSP Agara, dan Wahidin Tarigan, S.E. sebagai Kasub Bagian Umum dan Rumah Tangga pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H.Sahudin Kutacane.

Dalam kesempatan itu, Awak Media Sniper News Perwakilan Aceh sempat mengkonfirmasi Budi Afrizal, S.K.M., M.K.M., usai dilantik sebagai Kepala Dinas DPPKB, menanyakan tentang bagaimana kedepannya program yang akan dilakukan.

"Untuk kedepannya kita akan coba menggerakkan kepada para Penyuluh Keluarga Berencana (KB), pertama bagaimana agar masyarakat merencanakan di dalam tubuhnya kedepan dalam pembentukan pembangunan di dalam Keluarga," ujarnya.

Yang kedua tugas yang sangat penting terkait dengan penanganan stanting, yang mana di Aceh Tenggara (Agara) masih tergolong tinggi dalam posisi 34,1%. Sementara di tingkat Nasional pada tahun 2024, kita harus turunkan maksimal menjadi 14 %. Ini yang akan menjadi tugas kita, bagaimana agar angka stanting ini dapat menurun dengan diadakannya pendekatan dari hulu.

Tugas kita yang ke tiga pada saat ini sedang maraknya kasus asusila pada Anak dan Perempuan di Aceh Tenggara. Untuk kedepannya, kami dari Dinas DPPKB Kabupaten Aceh Tenggara akan melakukan pendampingan terhadap keluarga korban, agar bagaimana kelompok Perempuan dan Anak ini tidak terpinggirkan dan ini akan menjadi prioritas kita, sehingga Kabupaten Aceh Tenggara ini nantinya bisa menjadi Kabupaten layak Anak dan Perempuan," demikian paparan Budi Afrizal.

Acara berakhir dengan aman, lancar dan penuh hikmat, dengan diiringi saling bejabatan tangan dan foto bersama rekan sejawat dan keluarga.*

(Dalisi)

Editor : Taufiq

TerPopuler

> Whatsapp-Button