Kasal : TNI AL Berdayakan Tenaga Kerja Daerah Kembangkan Kampung Bahari Nusantara

Kamis, 24 Februari 2022, 08:26 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dihadapan awak media seusai melaunching program INAP, bertempat di Pantai Pebuahan, Banyu Biru Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Rabu (23/02) mengatakan, bahwa TNI Angkatan Laut (TNI AL) memberdayakan tenaga kerja daerah untuk mengembangkan Kampung Bahari Nusantara (KBN), yang merupakan cluster ekonomi yang dinamakan Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP), yaitu sebuah program budidaya udang vaname dengan proses budidaya di darat menggunakan air laut.

Kasal mengatakan, program INAP 1 bisa menyerap 60 orang tenaga kerja dari daerah sekitar dan sedang dikembangkan INAP 2 dan INAP 3, sehingga masing-masing daerah membutuhkan sekitar 60 orang. 

Selain itu, TNI AL juga akan merekrut para ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya maupun dari Universitas Diponegoro yang bekerja di laboratorium dan mereka dari lulusan yang terbaik dari fakultas perikanan yang nantinya akan bekerjasama untuk menyukseskan program INAP.


Menurut Kasal, dengan adanya program-program yang bagus ini bisa menyerap tenaga kerja daerah dan juga dapat menciptakan pakan ternak yang mungkin selama ini terhambat dengan adanya pandemi covid, kemudian penanaman rumput laut, anggur laut dan juga penanaman mangrove.

"Bibitnya kita tanam di seluruh pantai, sehingga nantinya mengurangi abrasi serta meningkatkan kesuburan tanah di laut kemudian endapannya bisa digunakan sebagai pupuk. Produk pupuk tersebut akan kita tawarkan kepada penjual tanaman hias maupun tanaman buah. Apakah ini bisa digunakan menjadi pupuk tanaman hias, ya sangat banyak sekali dampaknya maupun hasil-hasil dari pembuangan limbah maupun dari produk unggulan kita," jelas Laksamana Yudo.

Kasal juga mengungkapkan, bahwa program INAP ini akan dikembangkan menjadi  sarana edukasi juga riset, mungkin juga dari sekolah-sekolah yang akan melihat-lihat dan mengembangkan  program ini, TNI AL akan membuka diri apabila program-program yang lain akan bergabung.


Program Kampung Bahari Nusantara ini mencakup program wisata, kemudian edukasi dan juga kesehatan. Selain itu, nantinya TNI AL bersama-sama dengan Kementerian, Lembaga serta Pemerintah Daerah, mampu mewujudkan Kampung Bahari Nusantara yang sasarannya untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Program ini sedang dalam proses pembangunan pada tiga lokasi di Jembrana Bali, dengan kapasitas masing-masing 30 kolam pada lahan 6 hektar. 

INAP Tahap I yang berlokasi di Desa Pabuahan, Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana melakukan penebaran benur udang vaname perdana pada 23 Februari 2022, sedangkan INAP Tahap II dan Tahap III yang juga berlokasi di Kabupaten Jembrana sedang dalam proses pembangunan.*
 
(Arifin/Lilik)

TerPopuler

> Whatsapp-Button