Polsek Benoa Turunkan Kekuatan Maksimal Untuk Pengamanan Persembahyangan Melasti

Senin, 28 Februari 2022, 2/28/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Kegiatan persembahyangan Melasti atau mekiyis merupakan persembahyangan yang cukup sakral bagi umat Hindu sebelum melaksanakan Brata catur penyepian.

Melasti menurut konsepnya adalah persembahyangan umat Hindu yang bertujuan untuk penyucian diri serta benda sakral milik Pura (pralingga atau pratima dan segala perlengkapannya).

Kegiatan Melasti kali ini dilaksanakan oleh seluruh warga Desa Adat Kelurahan Pedungan yang terdiri dari 14 Banjar, dimana kegiatan ini di puput oleh Mangku Gede Kayangan tiga beserta Pemangku dari masing-masing dari 14 Banjar yang ada di kelurahan Desa Adat Pedungan.

Mengingat pentingnya dan banyaknya warga yang melaksanakan kegiatan persembahyangan ini, Polsek Benoa Polresta Denpasar menurunkan kekuatan yang maksimal hampir 30 orang baik unit terbuka maupun tertutup, hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan kelancaran kepada umat yang akan melaksanakan persembahyangan.


Hal ini diungkapkan oleh Kapolsek Benoa Komisaris Polisi (Kompol) I Nyoman Wiranata, S.H., yang di dampingi Wakapolsek AKP I Dewa Made Oka Yus, S., ketika ditemui saat memimpn anggotanya melaksanakan pengamanan, Senin (28/2/2032) pukul 06.30 Wita di tempat Pemelisan Desa Adat Pedungan.

Dalam penjelasannya Kompol Wiranata mengatakan, "kegiatan persembayangan ini merupakan kegiatan yang sangat penting di samping menghadirkan warga yang cukup banyak juga sangat sakral, untuk itu kami harus hadir untuk melakukan pengamanan dan kelancaran agar umat yang melaksanakan persembahyangan dapat menjalankan persembahyangan dengan rasa aman dan nyaman." ungkapnya.

"Kami sengaja menurunkan personil kami dengan maksimal yang di dahului dengan apel kesiapan yang dimulai pukul 06.00 wita di tempat Pemelisian, kami berharap dan bermohon semoga kegiatan persembahyangan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan apapun, sehingga rangkaian pelaksanaan Brata Catur Penyepian selanjutnya dapat berjalan dengan baik dan hikmat," terang Kapolsek Benoa Polresta Denpasar Kompol Wiranata, S.H.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button