Dharma Pelindung Bagi Diri Sendiri, Ini Kata Wakapolres Ketut Dana

Rabu, 30 Maret 2022, 3/30/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Banyak orang mengatakan, jika berbuat baik haruslah sesuatu yang besar dan berarti. Mempu membuka sedikit bibir ini, belum dikatakan berbuat baik. Padahal kalau kita renungkan lebih dalam, bisa dengan ikhlas membuka bibir manis ini, memberikan seberkas senyum kepada orang lain, bukankah ini bentuk nyata kepedulian kita ke pada sesama ?

Hari Raya Pagerwesi adalah Dharma (Kebenaran) yang dapat melindungi setiap pribadi umat manusia didalam menjalankan kehidupan menuju kebahagiaan.

"Dharma adalah perbuatan kebajikan yang diciptakan oleh diri sendiri dalam melindungi diri kita sendiri. Kita yang menciptakan hidup ini, jika mau sehat minumlah susu dan berolah ragalah secukupnya dan begitu juga sebaliknya," tutur Wakapolres Badung Kompol I Ketut Dana, S.H., usai melaksanakan persembahyangan di Pura Giri Catur Loka Polres Badung. Rabu, (30/3) pagi.

"Menjalankan hidup ini sesuai karma apa adanya, seperti sembahyang, berbagi kelebihan bahkan jika bisa berkorban demi kebaikan, akan lebih mudah dan lebih ringan memikul beban kehidupan, ketimbang mengumpulkan keinginan yang tentunya lebih berat dan menyakitkan," Pesannya penuh makna.


Selanjutnya, kebajikan ini dikembangkan oleh Wakapolres di dampingi Kabag Ops Polres Badung Kompol I Gede Made Surya Atmaja, S.Sos., M.H., di Terminal Mengwi, Kabupaten Badung yakni membagikan masker kepada masyarakat yang akan menerima vaksin. 

"Sanghyang Pramesti Guru, adalah guru agung kita, yang mengajarkan umat manusia pertama kali pada hari Rabu Kliwon wuku Sinta (Pagerwesi), untuk selalu rendah hati, penuh cinta kasih, welas asih, senang orang lain berbahagia dan keseimbangan bathin. Empat hal inilah yang bisa melindungi diri kita dari dari sejanta apapun," ujarnya.

"Mari pupuk Panca Yadnya dengan bhakti dan berbuat baik kepada sesama, sehingga para Bhuta (semua makhluk bernafas) akan senang, leluhur juga bahagia, para dewa bahagia, para guru (Sanghyang Pramesti guru) bahagia tentunya Ida Sanhyang Widhi juga sangat berbahagia," ucapnya di terminal mengwi di sela-sela pemantaun kegiatan vaksinasi serentak indonesia.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button