Direktur PT. ATN Sosialisasikan Persiapan Penambangan Nikel di Kecamatan Masama

Sabtu, 12 Maret 2022, 16:17 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Banggai - Ahmad Efendi Rambe Direktur PT. Anugerah Tompira Nikel (ATN) melakukan sosialisasi di Wilayah Kecamatan Masama di Desa Minangandala-Desa Kembang Merta-Desa Tompotika Makmur (TU) dan Desa Ranga-ranga," Sabtu (12/03/22).


Wilayah lingkar Tambang PT. ATN ini diketahui terletak di kawasan pemerintahan Kecamatan Masama.


Ahmad Efendi Rambe, selaku Direktur PT. ATN dalam sosialisasinya selalu mengedepankan hak-hak pemerintah dan masyarakat di wilayah dampak dari PT. ATN, seperti desa-desa yang ada di Wilayah IUP PT. ATN Kecamatan Masama.


Sosialisasi persiapan kegiatan Pertambangan Nikel PT. ATN di Balai Desa Kembang Merta, dihadiri Kamaluddin Djano, S.H., S.Pd., selaku Camat Masama, Iptu I Nyoman Yosep selaku Kapolsek Lamala, Serma Fredi Saliim selaku Danramil 1308-06/Lamala dan Para Kepala Desa yang ada di wilayah lokasi PT. ATN.


Komang Murdika, salah seorang masyarakat Desa Purwo Agung sangat bangga dengan perencanaan PT. ATN untuk melakukan Penambangan Nikel.


"Tentunya ada dampak dari PT. ATN baik sosial maupun dampak lingkungan, seperti areal persawahan yang ada di wilayah Kecamatan Masama perlu diperhatikan, mengingat dampak dari Pertambangan PT. Nikel ini," ujarnya.


Ketua BPD Desa Purwo Agung, Agus sangat mengapresiasi rencana Pertambangan Nikel diwilayahnya, agar selalu melaksanakan tanggungjawabnya baik kepada pemerintah maupun masyarakat desa terdampak.


Ahmad Efendi Rambe kembali menyampaikan, pihaknya akan terus mengedepankan kepentingan pemerintah dan masyarakat, untuk mengutamakan masyarakat lokal untuk dipekerjakan di PT. ATN.



"Baik yang memiliki Skil maupun Non Skil tetap kami perhatikan, karena tujuan pertama PT. ATN mengutamakan kearifan local," ungkap Ahmad Efendi.


"Seperti penanggulangan hama, bagi petani yang memiliki areal persawahan yang ada di wilayah Lingkar Tambang, kami dari PT. ATN akan memperhatikan lewat Pemerintah Desa maupun Kecamatan," pungkasnya.


Dikesempatan itu, Kepala Desa Tompotika Makmur Saiful Anggo, S.H., sangat mengapresiasi dengan perencanaan PT. ATN melakukan Pertambangan Nikel di wilayahnya, agar dapat menopang kebutuhan ekonomi masyarakat yang mempunyai Skil maupun Non Skil.


"Selain itu, juga dapat membangun desa ketika ada perusahaan/Investor yang akan berinvestasi di wilayah, dengan sendirinya akan membantu kebutuhan masyarakat dan putaran ekonomi khusus di wilayah Kecamatan Masama," ucap Saiful Anggo.


Dirut PT. ATN juga mengutamakan dampak lingkungan yang akan dibicarakan dengan pemerintah dan masyarakat. Dalam melakukan sosialisasi persiapan pertambangan di Wilayah Kecamatan Masama ini, pihaknya juga tidak langsung melakukan pertambangan.


"Dan sistem perekrutan tenaga kerja PT. ATN kita bekerjasama dengan Pemerintah Desa yang ada di wilayah lingkar Tambang PT. ATN, agar para calon pekerja betul-betul masyarakat terdampak," ucap Rambe.


Terakhir, Kamaluddin Djano, S.H., S.Pd., selaku Camat Masama sangat mendukung para Investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Banggai khususnya di Kecamatan Masama.


"Jika tujuannya positif dan dapat membuka lapangan kerja diwilayahnya serta dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, kita selalu dukung," tutur Camat Masama.*


(Yudi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button