Ketua Ormas dan OKP Siap Dukung Camat Pimpin Komunitas Belawan Berkah

Rabu, 16 Maret 2022, 23:09 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial ditengah-tengah masyarakat di Kecamatan Medan Belawan yang tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Camat Medan Belawan bersama beberapa Ketua Organisasi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Aktivis Sosial melakukan rapat koordinasi untuk mengatasi kesenjangan sosial tersebut.

Hal itu diwujudkan dengan membentuk wadah Komunitas Belawan Berkah (KBB) yang digelar di Kantor Kecamatan Medan Belawan, Jalan Cimanuk Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Rabu (16/03/2022) pagi.

Dari hasil rapat tersebut, maka dibentuklah suatu wadah yang akan bertugas untuk membantu warga masyarakat di Kecamatan Medan Belawan yang belum masuk dalam DTKS dan tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

Wadah tersebut yakni Komunitas Belawan Berkah (KBB), dan dari hasil rapat tersebut mengangkat Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap, S.S.T.P., M.A.P. sebagai Ketua Umum Komunitas Belawan Berkah.

Ketua Umum KBB Subhan Fajri Harahap, yang juga menjabat sebagai Camat Medan Belawan mengatakan, ada tiga ribu lebih warga tidak mampu di Kecamatan Medan Belawan yang belum terdaftar di DTKS Kemensos, sehingga warga tersebut tidak pernah mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

"Dari 15 ribu warga tidak mampu yang ada di Belawan, baru 11 ribu lebih yang sudah masuk data DTKS, jadi masih ada 3.429 lagi yang belum masuk data DTKS, sehingga mereka belum pernah dapat bantuan sosial dari pemerintah," ucap Subhan Fajri Harahap pada awak media, usai rapat pembentukan Komunitas Belawan Berkah.


Subhan juga menjelaskan, tupoksi komunitas yang baru dibentuk untuk menyalurkan bantuan pada tiga ribu lebih warga yang belum masuk dalam data DTKS, yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan sosial di tengah-tengah warga masyarakat Kecamatan Medan Belawan.

"Nanti kita akan salurkan bantuan pada setiap hari Jum’at pada warga yang ada di 6 kelurahan, yang namanya belum masuk data DTKS. Sistem penyaluran bantuan itu kita buat secara bertahap, sehingga tiga ribu lebih warga tersebut bisa merata mendapatkannya," kata Ketua Umum KBB tersebut menjelaskan.

Lebih lanjut Subhan juga menyampaikan, sebagai langkah awal program KBB tersebut, pada Jum’at nantinya para pengurus KBB akan memulai menyalurkan bantuan di Kelurahan Belawan I.

"Alhamdulillah, tadi kita udah mulai galang dana dari dalam wadah kita dulu, sudah terkumpul dana 5 juta, Jum’at besok kita sudah mulai menyalurkan 50 paket sembako yang dimulai dari wilayah Kelurahan Belawan I," jelas Subhan Fajri Harahap.

Dalam struktur kepengurusan Komunitas Belawan Berkah tersebut diantaranya, Ketua Umum Subhan Fajri Harahap, S.S.T.P., M.A.P. (Camat Belawan), dibantu 5 orang Wakil Ketua, yakni Abdul Rahman alias Atan (Karang Taruna), Budi Yanto, S.H. (LPM), Arsyad Mulia Pasaribu, S.H. (KNPI), Rangga Syahputra Damanik, S.S.T., Pel., (KONI), Zainal Abidin, S.E., (Aktivis Sosial), Sekretaris Umum Adli Azhari (YAASIN), Bendahara Umum T Zakaria Yusuf (Tokoh Agama).*

( Hendra )

TerPopuler

> Whatsapp-Button