Kodam IX/Udayana Respon Digitalisasi UMKM Berbasis Aplikasi Online di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 28 Maret 2022, 3/28/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Denpasar - TNI (Kodam IX/Udayana) melalui Staf Teritorial merespon digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah serta pelaku usaha yang belum berbasis aplikasi online untuk memajukan usaha dan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Made Mahaparta, S.I.P., membuka kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintah bersama Kodam IX/Udayana TA 2022 dengan tema "Pemanfaatan Media Sosial di Era Digital”, bertempat di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Senin (28/3/2022).

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan salah satunya aspek perekonomian yang diantaranya dari perspektif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami pelemahan yang signifikan. 


"Pemilik UMKM merupakan pelaku usaha mandiri yang sangat bergantung pada produktivitas kesehariannya. Karenanya, seluruh peserta Komsos dengan Aparat Pemerintah senantiasa ikut berperan aktif mendukung program pemerintah dalam upaya membangkitkan perekonomian yang saat ini sedang mengalami penurunan agar kembali stabil seperti semula," ajak Aster.

"Menghadapi situasi kondisi saat ini usaha mikro kecil dan menengah serta pelaku usaha yang belum berbasis aplikasi online, berbisnis dengan sistem konvensional atau tatap muka kurang efektif dan harus didorong beralih ke sistem digitalisasi di samping dalam rangka mempertahankan sekaligus mengembangkan bisnis usaha mikro kecil dan menengah itu sendiri juga yang lebih strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," tambahnya.

Acara yang digelar Kodam IX/Udayana secara tatap muka dan virtual tersebut, diikuti oleh Aparat Pemerintah tingkat kecamatan dan UMKM Provinsi Bali menghadirkan narasumber I Wayan Dodi Putra Artawan, S.Kom (Chief Executive Officer Akarel Inti Media) dengan materi penggunaan internet sehat dan aman dan Ni Luh Putu Desi Mustikayani (Gofood Bali) yang menyampaikan materi mudahnya digitalisasi usaha anda dengan GoBiz.*

(Arifin/Lilik/Kapendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button