Pemdes Wringinanom Gelar Verval DTKS, Ini Rinciannya

Rabu, 23 Maret 2022, 3/23/2022 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - 
Pemerintah Desa (Pemdes) Wringinanom Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo menggelar musyawarah desa (Musdes), terkait verifikasi dan validasi (verval) data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), Rabu 23 Maret 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Balai Desa Wringinanom, hadir dalam giat tersebut Ketua dan anggota BPD, perangkat desa, perwakilan RT/RW, Pendamping PKH, Pendamping TKSK Kecamatan Kuripan, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Wringinanom.

Jumaatun selaku Ketua BPD membuka acara tersebut mengatakan, bahwasanya kegiatan musdes kali ini dilaksanakan dengann maksud dan tujuan untuk mengevaluasi dan menetapkan penerima bantuan sosial warga Desa Wringinanom.

"Kami informasikan bahwasanya bantuan sosial dari pemerintah ini dikhususkan bagi keluarga kurang mampu. Untuk itu, segera mengusulkan dan memasukkannya dalam DTKS agar dapat menerima bantuan sosial dari pemerintah," ucap Jumaatun dalam sambutannya, Rabu (23/3/2022).

Adapun rincian keluarga penerima manfaat (KPM) terdata dalam DTKS Desa Wringinanom terdiri dari keluarga miskin 1.146 KPM, sudah mampu 32 KPM, pindah wilayah 61 KPM, tidak ditemukan 4 KPM, dan meninggal 78 jiwa. Sedangkan jumlah usulan baru bantuan sosial untuk BPNT sembako 148 KPM, PKH 123 KPM dan PBI JKN 463 jiwa.

Sementara itu, Pendamping TKSK Kuripan, Rangga mengatakan bahwasanya bantuan dari pemerintah itu banyak macamnya, harapannya dengan verifikasi dan validasi DTKS tidak ada lagi warga yang mengeluhkan belum tersentuh bantuan dari pemerintah.

"Karena, sejatinya bantuan sosial seperti pembiayaan BPJS PBI itu juga bagian dari bansos tetapi bukan tunai," pungkas Rangga.*

Pewarta : Rudi
Editor     : Taufiq

TerPopuler

> Whatsapp-Button