Penghormatan Terakhir Almarhum Marwoto, Veteran Pejuang Kemerdekaan RI

Minggu, 27 Maret 2022, 3/27/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Salah Satu Veteran Pejuang Kemerdekaan RI kelahiran Semarang 94 tahun silam Marwoto NPV 21.054.202 tutup usia di Rumah Sakit Umum Wangaya Denpasar pada hari sabtu tanggal 26 Maret pukul 00.20 wita karena sakit.

Almarhum Marwoto NPV : 21.054.202 
adalah Veteran Pejuang Kemerdekaan RI yang memiliki berbagai macam tanda jasa diantaranya Satya Lencana (SL) VIII, XVI, XXIV Tahun, SL. Penegak, SL Tamtama Setia VIII, SL. Aksi Militer I dan II, Bintang Gerilya dan Veteran Pejuang Kemerdekaan RI. 

Upacara pemakaman secara militer
untuk menghormati jasa-jasa almarhum digelar di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan Banjar Taman Sari Desa Delod Peken Kecamatan/Kabupaten Tabanan, selaku Inspektur Upacara Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Dewa Putu Oka, pada sabtu (26/3/2022).

Pemakaman secara Militer Almarhum  Veteran Pejuang Kemerdekaan RI tersebut sebagai perwira Upacara Kapten Inf I Wayan Supardi Pasipers Kodim 1619/Tabanan dan Komandan Upacara Danton 3 Kipan B Yonif Mekanis 741/GN Letda Inf Angga dengan pasukan upacara diikuti oleh 1 Peleton Personel militer Kodim 1619/Tabanan, 1  Peleton personel Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara, 1 Regu Salvo  dan pembawa karangan bunga dari Yonif Mekanis 741/GN, 1 peleton korsik Ajendam IX/Udayana, perwakilan veteran dan keluarga besar almarhum. 


Almarhum dilahirkan di semarang Jawa Tengah pada tanggal 4 Oktober 1928 anak dari Bapak Reksowapsito l (Alm) dan R. Silastri (Almh)  meninggalkan 4 orang anak dan 5 orang cucu dan almarhum semasa hidupnya sempat mengenyam pendidikan umum SD, SMP dan SMA sedangkan pendidikan militer yaitu Secaba dan Secapa.

Pada Sambutannya Kasdim Mayor Inf Dewa Putu Oka menyampaikan, bahwa hari ini dalam suasana duka di pemakaman ini kita bersama-sama melaksanakan upacara pemakaman secara Militer Almarhum yang telah meninggalkan kita semua. Upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa dan pengorbanan almarhum kepada Negara dan Bangsa yang telah dilaksanakan semasa hidupnya. 

"Sebagai manusia biasa kepergian almarhum yang kita cintai tentu meninggalkan rasa duka yang mendalam oleh sebab itu saya selaku irup dan atas nama Komando menyatakan bela sungkawa yang sedalam dalamnya dengan memanjatkan Doa semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan ketabahan, kesabaran dan bimbingan serta perlindungan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan," ucapnya.*

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler

> Whatsapp-Button