Peringati Hari Air Sedunia, Bupati Alfedri Sebut Sejalan Dengan Konsep Siak Hijau

Kamis, 31 Maret 2022, 3/31/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, melalui Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak peringati Hari Air Dunia (World Water Day) yang ke-30 berlangsung di halaman IPA Indoor Spam IKK Siak.


Peringatan hari air sedunia itu, di tandai dengan penanaman pohon oleh Bupati Siak Alfedri dan Forkopimda Kabupaten Siak.


"Alhamdulillah, hari ini kita bersama-sama memperingati Hari Air Dunia (World Water Day) yang ke-30, yang berlangsung di IPA Indoor Spam IKK Siak. Seperti kita ketahui, manusia tidak bisa hidup tanpa air. Demikian pula mahluk hidup lainnya di muka bumi, seperti tumbuhan dan hewan. Sejarah Hari Air Sedunia sekitar 2,2 miliar manusia yang hidup dibumi, butuh akses terhadap air bersih yang cukup," ujar Bupati Alfedri, di temui usai acara, Rabu (30/3/2022).


Lanjutnya, program penanaman pohon oleh Kementerian PUPR di SPAM IKK Siak sejalan dengan konsep Siak, Hijau yang telah dituangkan kedalam Visi-Misi Kabupaten Siak 2021-2026.


"Siak hijau merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Siak yang mendorong prinsip-prinsip kelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan, pemanfaatan sumber daya alam yang pada gilirannya meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, saya mengucapkan terima kasih kepada Kementrian PUPR RI yang telah memberikan perhatian lebih terhadap infrastruktur yang ada di Wilayah Kabupaten Siak," terangnya.


Masih kata Alfedri, Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan Siak (SPAM IKK Siak) dirasakan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat.



"Begitu pentingnya, instalasi penyulingan ini, dengan bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan suplai air bersih ke rumah-rumah warga sangat di butuhkan. Oleh karena itu, pembangunan SPAM IKK Siak merupakan bantuan yang sangat besar manfaatnya bagi Kabupaten Siak," kata dia.


Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera III Syahril menyampaikan air merupakan hal terpenting dalam kehidupan, sebab sebagai penunjang kehidupan dengan bertambahnya jumlah penduduk dan peningkatan perindustrian, yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan keberadaan air semakin kritis.


"Air adalah sumber kehidupan yang menunjang kehidupan serta pertumbuhan lingkungan kita, meningkatnya pertumbuhan penduduk dan lajunya pembangunan menyebabkan kebutuhan air sebagai sumber daya mengalami kerisis. Ini tentu menjadi tantangan bagi kita bersama bagaimana menjaga lingkungan, agar tidak terjadi permasalahan baru di kemudian hari," ucapnya.


Pada kesempatan ini juga, Bupati Siak Alfedri bersama Kepala Wilayah Sungai Sumatera III Ir. Syahril, Kepala Balai Jalan Nasional Riau, T Yuliansyah dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau Ichwanul Ihsan beserta Kepala Dinas PU Tarukim penandatangan serah terima pengelolaan Intake IKK Indoor Siak dari BWS Sumatera III kepada Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak.


Serta pengajuan proposal pembangunan beberapa ruas jalan, drenase, serta perumahan swadaya, pengelolaan tinja. Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon di area SPAM IKK Siak.*


(Gunawan. S)

TerPopuler

> Whatsapp-Button