Tinjau Vaksinasi dan Penangkaran Mutiara, Pangdam Pattimura Harap Ekonomi Masyarakat Meningkat

Jumat, 11 Maret 2022, 23:37 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Kegiatan vaksinasi untuk masyarakat umum berlangsung di Gedung Serbaguna Larwul Ngabal Maluku Tenggara, Jumat (11/03/2022).

Program yang dilaksanakan kolaborasi antara Kesdam XVI/Pattimura, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Kesehatan serta Puskesmas setempat, mendapat pantauan langsung dari Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon dan Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Selly Richard Tampubolon beserta rombongan.

Peninjauan tersebut untuk memastikan program vaksinasi bagi masyarakat umum ini berjalan aman, lancar dan tepat sasaran, serta memastikan masyarakat dapat divaksinasi dengan baik. 

Pangdam mengatakan, masyarakat agar tidak ragu untuk divaksin Covid-19, karena vaksinasi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk memutus matai rantai penyebaran Covid-19.

"Vaksinasi ini sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, menciptakan kekebalan terhadap virus dan sekaligus langkah pemulihan ekonomi, karena masyarakat bisa beraktivitas secara normal. Tentunya dengan tetap mematuhi prokes," kata Pangdam.

Pangdam mengapresiasi kepada seluruh pihak yang bahu membahu menyelenggarakan vaksinasi ini dengan berbagai tantangan dan hambatan yang ada di lapangan, seperti kondisi geografis maupun penerimaan atau persepsi masyarakat terhadap vaksin ini. Pangdam menilai, bahwa edukasi kepada masyarakat penting untuk dilakukan.

"Dengan adanya edukasi kepada masyarakat, diharapkan dapat menyatukan pemahaman bahwa vaksin ini penting dan perlu. Sehingga lambat laun masyarakat semakin terbuka, dan mau menerima vaksinasi. Kini capaian vaksin di Maluku Tenggara mencapai 77%, kita berharap akan terus meningkat," jelas Pangdam.

Pangdam juga menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, yaitu dengan selalu menerapkan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).


"Upaya tersebut harus dilakukan, untuk pencegahan terhadap penyebaran virus corona," tegas Pangdam.

Pada kegiatan vaksinasi kali ini, vaksinator yang dilibatkan 4 Tim berasal dari Tim Kesdam XVI/Pattimura, Dinkes Malra, Puskesmas Watbek dan Puskesmas Rumat dengan menyediakan vaksin  jenis Sinovac, Pfizer dan AstraZeneca. 

Terlihat masyarakat sekitar antusias mengikuti vaksinasi dengan tertib, sembari menunggu giliran untuk divaksin.

Hari ini sebanyak 562 masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara telah menerima vaksin, baik dosis pertama, kedua maupun booster. Ini sudah melebihi target awal sebesar 500 orang, tapi kegiatan terus dilanjutkan untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

Usai meninjau pelaksanaan vaksin, Pangdam beserta rombongan mengunjungi PT Nusantara Pearl Ohoiwa (Penangkaran Mutiara) yang berada di Desa Selayar, Maluku Tenggara. 

Disana Pangdam beserta rombongan disambut pemilik Penangkaran Mutiara, Robert Sukendi. Selanjutnya Pangdam menerima paparan singkat tentang pembudidayaan mutiara oleh Staf PT Nusantara Pearl Ohoiwa. 

Selain itu, Pangdam dan rombongan juga meninjau langsung tempat penangkaran budidaya mutiara.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam berharap budidaya mutiara ini dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar.

"Budidaya mutiara ini bagus bila bisa diikuti dan dikembangkan masyarakat sekitar, sehingga tingkat ekonomi mereka semakin meningkat," harap Pangdam.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button