Wakajati Jambi Resmikan Rumah Restoratif Justice di Tanjab Barat

Thursday, March 31, 2022, 10:27 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Di Tanjab Barat, Rabu (30/03/22) sekira pukul 11.00 Wib, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Purwodadi, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah diresmikan Rumah Restoratif Justice oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Jambi Dr. Bambang Gunawan.

Restoratif Justice ini merupakan diskresi jaksa untuk menghentikan perkara pidana yang ancaman hukumannya kurang dari 5 tahun, dan kerugiannya kurang dari 2,5 juta serta tersangka baru pertama melakukan pidana atau bukan residivis. 

Selanjutnya, seluruh jajaran Kejaksaan melalui Surat Jaksa Agung Muda Pidana Umum Nomor B- 475 /E/Es.2/02/2022 menghimbau untuk membentuk rumah RJ, yang bertujuan sebagai tempat musyawarah bagi para tokoh agama, tokoh masyarakat guna membantu penanganan ringan dan lebih mengedepankan keadilan tidak hanya bagi pelaku/tersangka, namun juga korban dan keluarganya sehingga rasa keadilan akan menyentuh masyarakat.

Kajari Tanjab Barat Marcello Bellah mengusulkan Desa Purwodadi untuk memiliki Rumah Restoratif Justice, karena secara geografis berada ditengah tengah daerah hulu dan hilir di Tanjab Barat sehingga diharapkan memudahkan masyarakat untuk menyelesaikan masalah, selain itu, Kejari juga pernah melakukan penghentian penuntutan pada tahun 2020.

Wakajati Jambi Bambang Gunawan berharap, agar Rumah RJ ini dimanfaatkan dengan baik untuk menegakkan keadilan yang menyentuh masyarakat.

"Saya berharap, dengan adanya Rumah RJ di Desa Purwodadi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat dimanfaatkan dan digunakan secara maksimal untuk menjadi percontohan (pilot  proyek) bagi desa lainnya, untuk menjadi tempat musyawarah serta menciptakan tujuan hukum yang berkepastian, bermanfaat dan berkeadilan," jelas Bambang.

Hadir dalam acara peresmian antara lain Kajari Tanjab Barat Marcelo Bellah, Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat, Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat Ahmad Jahfar, Panitera Sekretaris PN Andi Maddumase, Kasat Reskrim Polres Tanjab Barat Iptu Septia Intan, Kapolsek Tebing Tinggi Iptu Windi, Danramil Kapten Ahmad Taufik, Kades Purwodadi Jayus, Ketua LAM Tanjab Barat Martunis Yusuf.*

(DN)

TerPopuler