Antisipasi Kondisi Keamanan, Danlantamal I Cek Kesiapan Pasukan dan Kendaraan Pendukung

Monday, April 11, 2022, 11:57 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Guna mengecek sejauh mana kesiapan seluruh prajurit Lantamal I dalam rangka mengantisipasi dan menghadapi aksi unjukrasa yang akan dilaksanakan serentak pada hari ini, 11 April 2022, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo memimpin apel kelengkapan personel di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal I Jalan Serma Hanafiah, Belawan, Senin (11/04/22). 
 
Dalam sambutannya, Danantamal I menyampaikan, bahwa pelaksanaan apel kelengkapan personel ini berdasarkan instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang menekankan bahwa semua jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia terkait dengan adanya giat unjukrasa agar meningkatkan pengamanan terhadap fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki baik Mako, Mess, gudang amunisi persenjataan dan kediaman pejabat, dengan penebalan penjagaan dan perlengkapan sesuai prosedur tetap.


Selain itu, juga menyiapkan prajurit untuk sewaktu-waktu siap digerakkan sesuai proyeksi dari Mabes TNI dan bersikap humanis, serta tetap waspada bila terjadi anarkis, anggota tidur agar siaga di masing-masing Mako.

"Seluruh kendaraan pendukung untuk angkut personel dan ambulans serta kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) agar disiapkan, yang sewaktu waktu juga harus siap digerakkan. Kepada seluruh prajurit dan PNS, agar tidak melibatkan diri dan terprovokasi melalui media sosial, serta menghindari dan menunda kegiatan yang melalui rute unjukrasa khususnya jalan protokol," tegas Danlantamal I.


Lebih lanjut Danlantamal I mengingatkan sekaligus menekankan kembali, bahwa dalam pelaksanaannya nanti, prajurit yang terlibat dalam pengamanan unjuk rasa, harus tetap bersifat persuasif dan humanis serta kekeluargaan.

"Kita akan melaksanakan tugas sesuai Tupoksi kita, yang membantu berdasarkan permintaan dari Kepolisian Daerah," ungkapnya.

Di akhir pelaksanaan apel kelengkapan personel, Komandan Lantamal I memeriksa kelengkapan serta kerapihan dari pasukan yang disiagakan, serta kendaraan pendukung pengangkut pasukan.*

(R - 1)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler