Danrem 163/Wirasatya Resmikan Pompa Hidram ke 7 di Tabanan

Friday, April 1, 2022, 21:38 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Masyarakat Sunantaya Desa Penebel akhirnya dapat bernafas lega setelah pengerjaan pompa hidram yang dikerjakan secara gotong royong oleh TNI Kodim 1619/Tabanan bersama dengan Polri, Pemerintah Daerah melalui Instansi terkait, BRI serta masyarakat selama kurang lebih 3 bulan lamanya tersebut akhirnya rampung dan dapat diresmikan, pada Jumat (1/4/2022).

Peresmian Pompa Hidram ke 7 di wilayah Kodim 1619/Tabanan tersebut diresmikan langsung oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Choirul Anam, S.E., M.M., beserta rombongan disambut oleh Forkopimda Kabupaten Tabanan diantaranya Bupati Tabanan diwakili Sekda I Gede Susila, S.Sos, M.Si., Dandim 1619/Tabanan Lekol Inf Ferry Adianto S.I.P, Kapolres Tabanan AKBP Ranefly Dian Candra, S.I.K., M.H., Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, S.Sos., Kajari Tabanan di wakili, Muspika Kecamatan Penebel (Camat, Danramil, Kapolsek), Perbekel Desa Penebel, Bendesa Adat Sunantaya serta hadir juga perwakilan dari BRI Tabanan dan Masyarakat Dusun Sunantaya Penebel.

Turut mendampingi Danrem dalam rombongan Kasiren Kasrem 163/WSA Kolonel Chb. Muh Hatta, M.P.M., M Cap Mgt, Kasi Intel Kasrem 163/WSA  Kolonel Inf Boyke Sukanta, Kasi Ops Kasrem 163/WSA Kolonel Kav I Made Bagus Suraputra, Kasi Log Kasrem 163/WSA Kolonel Inf Rafiudin Hanafi, Pasi Komsos Ster Korem 163/WSA Mayor Inf I Gusti Made Swedia, S. Ag.

Bupati Tabanan yang di wakili Sekda Tabanan Dr. I Gede Susila, S.Sos., M.Si., menyampaikan, kami sangat berbahagia mendapat bantuan pompa hidram di Banjar Sunantaya Penebel, kami atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Tabanan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami. 

"Air sekarang sudah bisa masuk ke rumah warga kami terima kasih, program ini sangat membantu bagi kami, kami sangat mengharapkan agar keberadaan pompa hidram dapat di pergunakan dengan baik, dan di rawat agar bertahan lama, air merupakan kebutuhan yang sangat vital atas keberhasilan ini kami sangat mengapresiasi, saya mengucapkan terima kasih atas jajaran TNI yang telah membantu kami dalam membangun kabupaten Tabanan semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan kepada kita," ujarnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Sunantaya I Ketut Partana menyampaikan, bahwa telah 15 tahun kami mengadakan pembuatan pipanisasi untuk membawa air ke Desa kami, akan tetapi tidak maksimal, sehingga dengan hadirnya TNI dengan pompa hidram ini seperti gayung bersambut dan kami mendapat bantuan pompa hidram, dengan semangat gotong royong saling membantu kita semua berhasil mewujudkan ketersediaan air untuk masyarakat.


"Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebesar besarnya untuk kesejahteraan masyarakat kami, untuk perawatan kami tetap akan berkoordinasi untuk perawatannya, kedepannya air bersih ini kami akan jadikan sejenis BUMDES untuk perawatan pompa," kata Bendesa Adat.

Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Choirul Anam. S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa wilayah Propinsi Bali  masih memiliki permasalahan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun sebagai sumber mata pencaharian, untuk itu TNI-AD dan Kodam IX/Udayana menginisiasi pembangunan pompa hidram di sejumlah titik di wilayah Bali maupun Nusa Tenggara dengan menggandeng berbagai instansi dan Pemerintah Daerah setempat yang bertujuan untuk mengatasi kesulitan rakyat.  

Bahkan program Pompa Hidram Kodam IX/Udayana saat ini menjadi bagian dari  program TNI AD melalui “TNI AD Manunggal Air” yang dicetuskan oleh Bapak Kasad pada 24 Maret 2022 yang dilaksanakan oleh seluruh Kodam di seluruh Indonesia.

Korem 163/Wira Satya mengaharapkan dapat digunakan semua pihak dengan sebaik-baiknya sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat.

"Dan kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak yang telah berpartisipasi selama tiga bulan bahu membahu bergotong royong hingga dapat diresmikan, dan menghimbau agar bersama-sama menjaga kelangsungan pompa hidram ini agar memiliki masa pakai yang lama," ungkap Danrem.

Pelaksanaan peresmian Pompa Hidram di tandai dengan pengguntingan pipa oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Choirul Anam. S.E., M.M. dan Sekda Tabanan I Gede Susila S.Sos, M.Si.*

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler