Kapolsek Ipda Muh. I Ruhil Newton Sugiarto, S.H. Hadiri Khataman Al Qur'an di Bulagi

Saturday, April 30, 2022, 11:09 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Bangkep - Moment yang penuh berkah di Bulan Puasa Ramadhan bagi Kapolsek Bulagi dimanfaatkan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan keagamaan di Masjid Al Furqan Kelurahan Bulagi 1 Kecamatan Bulagi, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep).

Kali ini Kapolsek Bulagi Ipda Muh. l Ruhil Newton Sugiarto, S.H., bersama Unsur Tripika Kecamatan Bulagi menghadiri kegiatan Penghataman Al-Qur'an (Mangatamat), di Masjid Al Furqon Kelurahan Bulagi I, Jumat (29/04/22) malam.

Penghataman Al-Qur'an (Mangatamat) di Masjid-Masjid yang ada di wilayah Kecamatan Bulagi bersaudara selama bulan Ramadhan umumnya dilaksanakan sebanyak 3 kali, dimana dilaksanakan setiap malam ke 10 Ramadhan atau lebih, dan kegiatan Mangatamat kali ini merupakan kegiatan Mangatamat yang ke 3, serta merupakan kegiatan terakhir dimana dilaksanakan dengan penuh rasa kegembiraan dan sukacita oleh masyarakat Kecamatan Bulagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kapolsek Bulagi Ipda Muh. Ruhil Newton Sugiarto, S.H., Camat Bulagi Nani Orab, S.Pd., S.H., M.Si., Ketua KUA Kecamatan Bulagi, Babinsa Sertu J.S. Karim, Para Tokoh Agama Kecamatan Bulagi, Para Tokoh Masyarakat dan Jamaah Masjid.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Bulagi yang biasa di sapa dengan sebutan nama kecilnya Asoka diperkenankan menyampaikan beberapa pesan kepada para jamaah dan masyarakat, diantaranya bahwa ini merupakan suatu kegiatan ritual keagamaan yang telah menyatu dan melekat erat di tengah-tengah masyarakat, dan merupakan tradisi turun-temurun dilakukan sejak dahulu kala. 

"Kegiatan ini adalah bentuk siar Agama Islam, dengan mengedepan budaya-budaya dan kearifan lokal yang banyak mengandung filosofi dan nilai yang baik," ucap Kapolsek.


"Bahwa filosofi dan nilai yang terkandung dalam kegiatan Mangatamat ini sangat besar maknanya bagi kemajemukan umat, nilai-nilai budaya gotong royong dan memunculkan rasa empati antar sesama serta silaturahmi yang konfrehensif," ucapnya kembali, yang merupakan putra dari seorang pensiunan tersebut.

Ditambahkan pula, bahwa dalam beberapa hari Kedepan umat muslim akan melaksanakan Hari Raya Idhul Fitri 1443 H / 2022. Momen ini harus dimanfaatkan dengan baik dan juga sebagai ajang silaturahmi serta saling maaf memaafkan antar sesama.

Selain itu, Kapolsek yang lama berkarir di dunia Intelijen ini juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus merawat kebhinekaan.

"Mari bersama-sama kita jaga dan rawat kebhinekaan yang ada di wilayah Kecamatan Bulagi, sehingga tetap menjadi satu kesatuan yang utuh dan kokoh dalam bingkai persaudaraan dan kesetaraan serta kebersamaan. Mari kita lestarikan dan rawat terus tradisi dan kearifan lokal budaya dan agama kita di Bumi Tano Monondok ini. Banyak hikmah dan nilai yang ada dalam kegiatan Penghataman Al-Qur'an (Mangatamat) ini," ucap Kapolsek Bulagi.

Setelah kegiatan Penghataman Al-Qur'an (Mangatamat) selesai, dilanjutkan dengan makan bersama. Kegiatan berakhir pukul 22.30 Wita, dalam keadaan aman dan lancar.*

(Yudi)

TerPopuler