Kunjungi Satgas Pengamanan Pulau Terluar, Kasdam : Prajurit TNI Penjaga Pulau Terluar Perbatasan NKRI Hadir Pembawa Solusi

Sabtu, 23 April 2022, 4/23/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Ambon - Kasdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury, mewakili Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon melakukan kunjungan kerja ke Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Wilayah Kodim 1511/Moa, Jumat (22/04/2022).
 
Pulau Kisar merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di perairan Selat Wetar dan sebelah selatan berbatas dengan perairan ujung timur Pulau Timor yang masuk bagian negara Timor Leste. 

Pada kunjungan tersebut Kasdam bersilaturahmi dan berdialog dengan para personel Satgas Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter) yang ada di Kisar. Satgas Pengamanan Pulau  Terluar ini merupakan satgas yang menempatkan para prajuritnya yang terdiri dari TNI AD, AL dan AU sebagai garda terdepan dalam menjaga wilayah NKRI, khususnya di wilayah perbatasan dengan negara tetangga. 

Selain menjalankan misi operasi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan, Satgas Pam Puter juga turut berperan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat di wilayahnya, seperti mengadakan sosialisasi dan vaksinasi Covid-19, menjadi tenaga pengajar tambahan di sekolah-sekolah, membantu pendistribusian logistik bantuan pemerintah dan membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kasdam menegaskan, kehadiran satgas di pulau Kisar adalah sebagai solusi dan merangkul masyarakat. "Kehadiran satgas, khususnya rekan- rekan dari satgas pam puter adalah menjadi bagian dari solusi bagi masyarakat sekitar. Rangkul masyarakat di sini, hadirlah sebagai pelindung dan perekat bangsa, sesuai dengan semangat Mutiara Pattimura milik kita," ujar Kasdam. 


Selain itu, Kasdam berpesan agar para prajurit satgas memegang kehormatan sebagai prajurit TNI. "Jaga kebanggaan sebagai prajurit TNI, pegang selalu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI di manapun kalian bertugas dan berada," tegasnya.

"Apabila dalam pelaksanaan tugas terdapat hal-hal yang menonjol maupun permasalahan jangan sungkan untuk  berkomunikasi dan melapor kepada atasan," tambah Kasdam. 

Selesai bersilaturahmi dengan prajurit Satgas, Kasdam kemudian menyerahkan bingkisan sebagai wujud perhatian dan dukungan pimpinan terhadap prajurit yang sedang bertugas. 

Kunjungan kerja Kasdam ke Kisar ini tidak hanya bertatap muka dengan Satgas Pam Puter,  pada hari sebelumnya, Kasdam juga berkesempatan temu bincang memberi pengarahan kepada kelompok Nelayan, serta para babinsa Koramil Wonreli Kodim 1511/ Pulau Moa terkait program Mutiara Pattimura, khususnya di bidang perikanan. Kasdam mendorong para nelayan agar tetap semangat menangkap ikan, menjaga kualitas ikan tangkapannya dan jangan lupa memperhatikan faktor keselamatan.

Hadir beberapa pejabat yang turut mendampingi Kasdam, diantaranya Danrem 151/ Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Asops Kasdam XVI/ Pattimura, Wakapendam XVI/ Pattimura, Dandim 1511/ Pulau Moa, beserta Forkopimcam Kisar.*

(Ajid Tomagola)
Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button