25 Ribu PKL dan Warung Terima Bantuan dari Kodim 0820 Probolinggo, Ini Beritanya

Kamis, 19 Mei 2022, 09:44 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Kodim 0820/Probolinggo salurkan Bantuan Tunai Pangan (Minyak Goreng) kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW) di Aula Makodim 0820/Probolinggo.

Diketahui, saat ini pemerintah meluncurkan bantuan tunai pangan bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW), bantuan ini menyasar 2,5 juta PKLW utamanya usaha makanan, Rabu (17/5).

Sebanyak 25 ribu pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung di Kota Probolinggo menerima Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung (BTPKLW). Mereka adalah PKL dan pedagang warung kelontong yang belum pernah mendapatkan bantuan serupa pada waktu sebelumnya. Masing-masing pedagang menerima Rp 300 ribu, yang diberikan utuh tanpa potongan.
                             

Dandim 0820/Probolinggo, Letkol Arh. Arip Budi Cahyono mengatakan, bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat, Kodim 0820/Probolinggo hanya membantu penyalurannya. Ada 25 ribu pedagang yang terdata sebagai penerima bantuan.

"Pembagian dilakukan bertahap, untuk hari ini diberikan kepada 3 ribu penerima," terang Dandim di sela sela saat memantau pencairan bantuan.

Bantuan ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi masyarakat tingkat bawah untuk menjaga daya beli, keberlangsungan usaha dan penghidupan masyarakat yang menjalankan usaha mikro, terutama PKL dan pemilik warung.
                             

“Pemerintah ingin agar bantuan ini dapat diterima oleh penerima manfaat secara langsung yang benar-benar berhak dan tepat sasaran,” jelasnya.

Dijelaskannya, penentuan sasaran bantuan didasarkan pada data dari instansi terkait, yang kemudian diverifikasi oleh personel Babinsa di lapangan.

"Dengan menggunakan aplikasi digital, jika nama calon penerima bantuan terdeteksi pernah menerima bantuan sosial (bansos) serupa pada waktu sebelumnya, maka akan ditolak oleh system,” ujar Dandim.*

Pewarta : Taufiq/Pendim

TerPopuler

> Whatsapp-Button