Bupati Simalungun Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama Dirjen Binalavotas

Selasa, 17 Mei 2022, 23:11 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menandatangani Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Simalungun dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Dirjen Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Budi Hartawan, tentang peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Simalungun.

Penandatangan Nota Kesepakatan disaksikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan Jalan Gatot Subroto No Km 7,8 Lalang Kecamatan Medan Sungal, Medan, Sumatra Utara, Selasa (17/5/2022).

Dalam Nota Kesepakatan ini antara lain dimaksudkan sebagai landasan kerjasama bagi para pihak, dalam rangka sinergi pelatihan untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia, seperti pemuda, masyarakat desa, pencari kerja dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Simalungun, dan Nota Kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, daya saing dan produktivitas sumber daya manusia melalui penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi.

Disamping itu, Bupati Simalungun dan seluruh kepala daerah se-Sumatera Utara dan undangan lainnya menghadari peresmian/Inauguration of School Operation Pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim yang berada di lokasi BBPVP Medan.


Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker-RI) Ida Fauziyah dalam sambutannya menyampaikan, ada dua kondisi yang memerlukan langkah-langkah strategis bagi pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah. 

Kondisi yang pertama, Indonesia saat ini jumlah penduduk usia produktif yaitu 15 sampai 64 tahun, lebih besar jumlahnya di banding usia tidak produktif, dan ini harus di imbangi dengan peningkatan sumber daya manusianya. yang kedua adalah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, yang menjadi pukulan besar dalam pembangunan bagi ketenagakerjaan di Indonesia

"Kita masih memiliki pekerjaan berat, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan pemulihan ekonomi kita. Dan karena hal itu, Kementrian Tenaga Kerja melalui dinas dinas terkait di tuntut melalukan langkah langkah yang inovatif dalam upaya membangun, mengembangkan pelatihan vokasi yang mencetak tenaga kerja yang Kompeten," kata Menteri.

Tampak hadir antara lain Gubernur Sumatera Utara diwakili Sekda Apipi Lubis, Kedutaan Austria Daiwakil Fhilif Rashel, Dirjen Binalavotas Budi Hartawan, Konsul Jepang Mr. Takoni Susumu PhD, Walikota dan Bupati se-Sumatera Utara.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button