Danrem 151/Binaiya Bekali Ilmu Pembinaan Teritorial Bagi Peserta Apel Dansat

Senin, 23 Mei 2022, 23:10 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pada pelaksanaan Apel Dansat tersebar TA 2022 Kodam XVI Pattimura, Komandan Korem 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, S.H., M.H. membekali Ilmu Pembinaan Teritorial (Binter) bagi seluruh peserta Apel Komandan Satuan Kodam XVI/Pattimura di Belleroom Natsepa Hotel, Senin (23/5/2022). 

Dalam kesempatan ini, Danrem menyampaikan materi tersebut sebagai pegangan teguh para Komandan Satuan di wilayah jajaran Kodam XVI/Pattimura, yang mana didalamnya meliputi Komunikasi Sosial, Ketahanan Wilayah, Bhakti TNI. 

Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang No.32 Tahun 2004 tentang TNI. TNI AD memiliki kewenangan untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas dari OMSP adalah perbantuan TNI AD terhadap pemerintah daerah. Hal ini dianggap perlu diberikan, sebagai wujud peran serta Satuan Komando Kewilayahan.

Lebih lanjut, Danrem juga menyampaikan tentang kondisi pembinaan wilayah saat ini di Satuan Kowil maupun non Kowil.

"Dengan cepatnya perkembangan ilmu dan teknologi serta pendidikan yang semakin maju, maka TNI AD harus mampu menghadapi tantangan dan dinamika yang kompleks dalam rangka merancang, menyusun dan menyiapkan segenap potensi wilayah daratan untuk menjadikan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh, sebagai daya tangkal AGHT terhadap keutuhan NKRI," papar Danrem.


Dia mengimbau, agar para Komandan Satuan berkreasi dan inovatif dalam pelaksanaan pembinaan teritorial, antara lain dengan memanfaatkan teknologi digital agar lebih efektif dan cepat mendapatkan responsif dari masyarakat binaannya, namun tetap mengedepankan humanis, harmonis dan adaptif. 

Sehingga menurut Danrem, citra TNI AD akan selalu meningkat di hati rakyat dan tidak mengesampingkan kolaborasi dengan berbagai unsur maupun instansi terkait termasuk unsur Toga, Toda dan Tomas.

"Media sosial sangat berpengaruh dalam pembinaan teritorial, dengan mempublikasikan kegiatan TNI bersama rakyat dalam membangun kebersamaan TNI dengan rakyat," jelasnya.

Selalu jalin hubungan baik dengan media massa online, cetak maupun elektronika, dan setiap prajurit berani tampil di media dan selalu peka terhadap perkembangan wilayah dan  ilmu pengetahuan serta teknologi (IPTEK).

"Sehingga tidak akan ketinggalan perkembangan situasi nasional maupun regional," pungkasnya.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Panrem151/Bny

TerPopuler

> Whatsapp-Button