Ikut Bimtek Program Asosiasi Apkasi, Bupati Alfedri Jemput Dana Hibah 2023

Selasa, 31 Mei 2022, 00:32 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Bupati Siak Alfedri menghadiri sosialisasi bertema membangun kemitraan Pemerintah Daerah dan Kampus melalui program dana hibah Kedaireka 1-2 Triliun tahun 2023. 

Acara tersebut, tindak lanjut nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia kerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Program ini merupakan program unggulan Apkasi dalam upaya mendorong dan meningkatkan sinergi serta inovasi cipta reka daerah dengan Perguruan Tinggi di Indonesia, guna memperluas jangkauan kebermanfaatan pada masyarakat.

"Kedaireka ini merupakan platform program kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (Dudi), termasuk Pemerintah Daerah (Pemda) dalam upaya meningkatkan kemandirian daerah dalam hal reka cipta dengan menghasilkan inovasi yang bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan masyarakat, di daerah," ujar Bupati Siak Alfedri, ditemui usai acara yang berlangsung di Auditorium Gedung D, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek dan Teknologi Kemendikbud Jalan Jenderal Sudirman Kav,86 Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022).

Kegiatan ini di ikuti 26 kepala daerah yang tergabung dalam Asosiasi Apkasi khusus acara ini untuk pengurus Apkasi. 


Ada lima tema terkait program Kedaireka, yaitu ekonomi digital, kemandirian kesehatan, ekonomi hijau, pemulihan ekonomi dan pariwisata, serta ekonomi biru. Melalui lima tema, bisa diidentifikasi area yang dapat digunakan untuk kolaborasi dengan perguruan tinggi. 

Sementara, untuk program kolaborasi dengan Apkasi, Kedaireka akan berfokus pada penekanan angka stunting.

"Kita diberikan kesempatan untuk mengusulkan proposal kegiatan. Tentu kita bersyukur mendapatkan kesempatan ini, dukungan dana dari Apkasi. Sesuai dengan tema di atas untuk bidang kesehatan, kita mengusulkan Dashboard mengatasi masalah stunting, ekonomi hijau, Aplikasi dalam mendukung pemasaran produk UMKM, peningkatan SDM para guru, masyarakat melalui kerjasama dengan perguruan tinggi, ini lah yang akan kita usulkan untuk mendapatkan bantuan dari Apkasi Anggaran Tahun 2023. Kita bisa di undang ke sini karena saya masuk sebagai pengurus Apkasi, kalau anggotanya ratusan kabupaten," terang Bupati Siak Alfedri, yang juga pengurus Apkasi bidang ESDM itu.

Bupati Alfedri yang juga pengurus Apkasi juga mengatakan, Dana Hibah Kedaireka 1 sampai 2 Triliun yang dianggarkan untuk tahun 2023 difokuskan pada empat bidang.

"Dana ini pada prinsipnya 50-50, misalnya kita buat pelatihan peningkatan SDM dari kita 50 dan di bantu dari proposal 50. Kerjasama dengan perguruan tinggi hadir dengan kampus merdeka, yang tidak hanya belajar di dalam kelas, melainkan juga membangun desa, meningkatkan literasi, meningkatkan hasil perkebunan, sampai membangun desa wisata. Mahasiswa belajar dengan masyarakat," kata dia. 

Acara itu juga di hadiri Kadis Kesehatan Kabupaten Siak Tony Candra, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Mahadar dan Kepala Bappeda Wan Yunus.*

(GS/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button