MTsN-1 Agara Salah Satu Madrasah Kelas Plus Unggulan dan Berbasis Riset

Kamis, 19 Mei 2022, 06:23 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Sekolah Madrasah Tsanawiah Negeri 1 (MTsN 1) Aceh Tenggara (Agara), Jalan Pelajar No.3 Kecamatan Babussalam, Provinsi Aceh, kini memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri, serta visi dan misi baik terhadap siswa siswi maupun untuk kemajuan sekolah ke depan.


Hal itu disampaikan Kepala Sekolah MTsN-1 Juardi, S.Pd., saat ditemui Awak Media Snipers News di ruang kerjanya, Rabu (18/05/2022).


Juardi memaparkan, bahwasanya MTsN-1 Aceh Tenggara memiliki Struktur Kelas Plus pada Tahun Pelajaran 2021/2022, visi ini untuk menciptakan Madrasah yang berkarater, beretika Islami, jujur, disiplin,  berani dan peduli lingkungan dengan ke arah bersih dan sehat.


Program Kelas Plus MTsN-1 ini ada 7 mata pembelajaran, antaranya :
1. Keagamaan
2. Tahfis 
3. Tahsin
4. Bahasa Inggris
5. Matematika
6. IPA


"Dan Plus Computer. Kebetulan Sekolah kami saat ini telah memiliki 40 Unit Computer PC all in one Core i3," ungkapnya.


Sementara, kurikulumnya berbasis kompetensi dan memprioritaskan pada Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, tugas guru didik disini, selain mengajar, guru juga harus mampu mendekatkan anak didiknya dengan aktivitas harian yang bernilaikan pahala, seperti praktek membaca doa dan shalat.



"Kami juga dengan secara rutin turun kelapangan untuk melakukan praktek ziarah kubur pada pemakaman orang tua, terhadap anak didik kami masing-masing, serta cara membacakan Surah Yasin, dan bersedekah serta ber'infaq pada setiap hari Jum'at," ungkapnya kembali.


Selain sebagai Madrasah Unggulan di bidang keagamaan, MTsN 1 Aceh Tenggara juga sebagai Madrasah berbasis Riset, yang menjadi wadah bagi siswa untuk menyalurkan potensi pada kegiatan hal-hal yang positif.


Begitupun, untuk menjaga kredibilitas sebagai Madrasah unggulan dan Riset, MTsN 1 Aceh Tenggara sangat membutuhkan ruangan laboratorium untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), guna menjadi sarana mengaplikasikan teori keilmuan, untuk pengujian teoritis.


"Karena tampa adanya laboratorium, siswa tidak akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan dengan baik sebagaimana yang diharapkan," demikian kata Kepala Sekolah MTsN 1 Aceh Tenggara Juardi, S.Pd., kepada Awak Media Snipers News.


Harapan pemerintah serta pihak Sekolah MTsN 1 Aceh Tenggara, melalui program Pembelajaran Kelas Plus ini, agar berorientasi kepada peningkatan yang berkualitas dan daya saing lulusan serta mampu mengejar prestasi sukses dunia dan akhirat.


"Untuk merealisasikan hal tersebut, perlu di jalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah, orang tua murid dan Pemerintah," ujar Juardi.


Adapun profil dari Sekolah MTsN-1 Aceh Tenggara tersebut memiliki siswa sebayak 811 orang anak didik, 93 guru pengajar, 1 Jurusan, memiliki 25 ruang kelas, dan 197 Pelajaran serta 3 Ekstrakurikuler.*


(Dalisi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button