Mudahkan Bayar Pajak, Pemkab Simalungun Bersama Bank Sumut Resmikan Tapping Box dan Sumut Link

Sabtu, 21 Mei 2022, 16:30 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama Bank Sumut melakukan peresmian Tapping Box dan Sumut Link, di Pinus Hills Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu pagi (21/5/22).

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Simalungun Frans N Saragih mengatakan, tapping box merupakan alat perekam pajak online, yang akan ditempatkan pada pelaku-pelaku usaha yang sudah wajib pajak, khususnya restauran.

Frans menjelaskan, setelah melakukan peresmian, Pemkab Simalungun dan Bank Sumut, akan menempatkan tapping box di seluruh Simalungun, terkhusus kepada para pelaku usaha. 

"Untuk pertama kita tempatkan disini dan kedepannya. Target kita tahun ini, wajib pajak di Simalungun sudah menggunakan tapping box," ucap Frans.

Kemudian, terkait pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Frans N Saragih mengatakan sudah bisa dilakukan melalui agen Sumut Link. 

Menurut Frans, agen Sumut Link ini direncanakan ada disetiap Nagori wilayah di Kabupaten Simalungun untuk memudahkan melakukan pembayaran pajak. 

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya mengapresiasi peresmian Tapping Box dan Sumut Link. Penggunaan Tapping Box dan Sumut Link merupakan sarana untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak. 

"Ini untuk memudahkan pelayanan pajak. Saya melihat cara pembayaran sangat gampang sekali, hanya satu menit sudah selesai," kata Bupati, sekaligus memberikan apresiasi kepada Bank Sumut.

Bupati meminta, Dinas Bapenda Simalungun segera melakukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat terkait hal tersebut.

"Ini harus disosialisasikan secara terus menerus ke semua masyarakat, bahwa saat ini sudah mudah membayar pajak," pinta Bupati.


Peresmian Tapping Box dan Sumut Link sengaja di kemas dengan kegiatan Fun Bike 2022 yang mengambil start dari Pinus Hill sampai ke Lapangan Bolakai PTPN IV Kebun Toba Sari dengan jarak tempuh lebih kurang 11 KM. 

Bupati berharap, kegiatan Fun Bike 2022 tersebut dapat meningkatkan pariwisata di sekitar Simalungun khusus di Kecamatan Pematang Sidamanik. 

"Dan ini juga salah satu peningkatan ekonomi masyarakat pasca pandemi, dan kedapan kita akan jadikan kalendar tahunan kegiatan ini," sebut Bupati. 

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Bank Sumut Cabang Pematangraya Tomas Tarigan mengatakan, bahwa pihaknya akan terus mendukung peningkatan PAD di Simalungun. 

"Untuk percepatan peningkatan PAD dari sektor pajak, kami mendukung penuh Pemkab Simalungun," terang Tomas.

Tomas menjelaskan, bahwa Tapping Box digunakan untuk melakukan perekaman pajak secara langsung, dan hasil perekaman tersebut langsung terkoneksi ke Pemkab Simalungun.

Kemudian untuk Sumut Link, Tomas Tarigan mengatakan, fasilitas tersebut sebagai pengganti fungsi bank, untuk melakukan transaksi, baik setoran, penarikan, bayar listrik dan pembayaran pajak tanpa harus ke bank, dan Bank Sumut meniadakan biaya administrasi untuk pembayaran pajak.

Di kegiatan itu, Bupati Simalungun yang juga didampingi Wakil Bupati H. Zonny Waldi dan Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani menyerakan santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris yang ditinggalkan sebesar Rp. 42 juta. 

"Ini bentuk perhatian Pemerintah dalam memprotek masyakatnya," jelas Bupati. 

Kegiatan fun bike itu sendiri diikuti langsung oleh Bupati Simalungun, Wakil Bupati, Unsur Forkopimda, Direksi 1 Bank Sumut Medan Adi Sucipto bersama jajarannya, pihak PTPN IV dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab SImalungun dan para pecinta olahraga sepeda.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button