Sangat Strategis dengan Pertahanan dan Kedaulatan NKRI, Kasad Resmikan Dua Batalyon

Kamis, 19 Mei 2022, 16:24 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Kupang - Agenda utama Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., adalah meresmikan dua Batalyon yaitu Batalyon Arteleri Pertahanan Udara (Arhanud) 9/Angkasa Widya Jayanta dan Batalyon Arteleri Pertahanan Darat (Armed) 20/155 GS/Bhadika Yudha yang terletak di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Upacara peresmian Satuan baru yang dilaksanakan pada hari kedua kunjungan Kasad di wilayah Kodam IX/Udayana ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Mako Batalyon Arhanud 9/AWJ, Desa Naunu, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (19/5/2022).

Upacara diawali dengan Pernyataan peresmian kesatuan baru dan penyerahan lambang-lambang kesatuan oleh Kasad sebagai Inspektur Upacara (Irup) kepada Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI AD Kodam IX/Udayana serta penandatanganan naskah peresmian satuan.

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan, rasa terima kasih serta apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan kedua Batalyon tersebut. Mulai dari tahap perencanaan hingga selesai dan siap operasional serta diresmikan seperti sekarang ini.

"Dengan mengucapkan rasa syukur, berkat kerja keras kita semua, serta bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak, kini Yon Armed 20/155 GS/BY dan Yon Arhanud 9/AWJ telah terwujud, dan siap operasional menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai satuan pertahanan TNI AD," ujar Kasad.


Lebih lanjut Kasad mengungkapkan, dengan kehadiran dua Satuan Tempur baru ini merupakan suatu hal yang sangat strategis, karena selain sebagai penjaga wilayah perbatasan RI-RDTL, keduanya juga diharapkan dapat membantu akselerasi pembangunan dan perekonomian, serta membantu menangani kesulitan masyarakat di wilayah tersebut.

"Keberadaan satuan tempur sangat dibutuhkan di wilayah NTT ini. Berkaitan dengan tugas masing-masing dari satuan baru ini, maka harus diawaki dengan personel dengan kinerja dan integritas pribadi yang tinggi, serta kemampuan koordinasi dan sinkronisasi yang baik, sebab ancaman bisa datang dari manapun, sehingga eksistensi satuan tempur sangatlah relevan ditempatkan di sini," pesan Kasad.

Mengakhiri amanatnya, Kasad secara khusus menekankan kepada kedua Komandan Batalyon baru tersebut, agar bertanggung jawab penuh terhadap anggota, memiliki target kinerja secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, serta mampu mengembangkan inovasi dan kreativitas untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang dihadapi, termasuk pemenuhan personel dan materiil satuan.

"Manfaatkanlah amanah jabatan dan kepercayaan ini untuk selalu berbuat terbaik bagi satuan, TNI AD, serta masyarakat. Kepada seluruh prajurit Batalyon, kembangkan karakter dan kepribadian Sapta Marga, sehingga dapat menjadi contoh yang baik serta bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Selamat bertugas Prajurit Angkasa Widya Jayanta dan Prajurit Bhadika Yudha," tegas Kasad.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Pangkostrad, Asrena Kasad, Aslog dan Aster Kasad, Danjen Kopasus, Danpussen Arhanud, Danpussen Armed, Gubernur NTT, Kapolda NTT, Danlantamal VII/Kupang, Danlanud Eltari Kupang, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Ka Balak jajaran Kodam IX/Uday6 serta para Forkopimda Kabupaten dan Kota Kupang.*

(Arifin/Lilik/Kapendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button