Jelang HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Morut Gelar Lomba Dero Kreasi Antusias Warga Membludak

Minggu, 26 Juni 2022, 14:48 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Morowali Utara - Korowou Tari Dero adalah sebuah tarian yang dilakukan lebih dari satu orang atau dilakukan secara bersama-sama yang melambangkan suka cita atau kebahagiaan serta ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Tari Dero atau Madero berasal dari Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.dikutip dari wikipedia.

Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76 dan sekaligus melestarikan budaya tradisional tarian dero. Polres Morowali Utara menggelar lomba Dero kreasi, pada Sabtu (25/6/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Mako Polres Morowali Utara tersebut mendapat minat yang cukup banyak. Dari persyaratan dalam satu tim terdiri 10 orang, tercatat dimeja panitia, bahwa ada 10 tim yang sudah mendaftar dan siap untuk merebut hadiah jutaan rupiah.

"Laksanakan perlombaan ini dengan sebaik-baiknya dan laksanakan dengan penuh gembira agar kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,"  ucap Kapolres AKBP Ade Nuramdani. S.H., S.I.K.. M.M., saat membuka kegiatan.


"Kami telah menyiapkan hadiah untuk lomba dero kreasi ini diantaranya hadiah juara pertama berhak mendapatkan uang sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah). Juara kedua Rp. 3.000.000 (tiga juta rupiah), juara ketiga Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah) dan untuk Juara  ke empat Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah)," terangnya.

Morowali Utara tidak hanya itu Polres juga akan memberikan hadiah doorprize masing-masing setiap orang Rp  500.000 (lima ratus ribu rupiah) bagi peserta dengan goyang terheboh dan ini berlaku saat dilaksanakan dero massal yang diikuti oleh seluruh masyarakat umum yang hadir." tambahnya.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Bupati Morowali Utara, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Morowali Utara, seluruh personel Polres Morowali Utara serta para peserta dan warga yang hadir yang berkisar 300 orang tersebut di tutup dengan pemberian hadiah secara simbolis kepada para pemenang lomba.

Bagi peserta dengan goyang terheboh, ada sepuluh orang yang berhak mendapatkan doorprize dari Kapolres Morowali Utara berupa uang tunai sebesar Rp 500.000 dan ditambah dari Bupati Morowali Utara sebesar Rp 300.000. yang diserahkan secara simbolis oleh, Wakapolres Morowali Utara, Ketua penggerak PKK dan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Morowali Utara.


Untuk tim peserta dero kreasi yang menjadi juara pertama Tim Morokopoda Muda dari Desa Lemboroma yang hadiahnya diserahkan oleh Bupati Morowali Utara, juara kedua group Momoiko dari Desa Korowou diserahkan oleh Wakapolres Morowali Utara, juara ketiga, group Bhayangkari yang diserahkan oleh Ketua Penggerak PKK Morowali Utara dan juara ke empat  dari Polsek Lembo diserahkan oleh Kasatlantas Polres Morowali Utara. 

Selain mendapatkan hadiah utama, para pemenang juga mendapatkan tambahan hadiah dari Bupati Morowali Utara Dr dr Delis Julkarson Hehi Mars.

Secara terpisah, Pesan irman warga Morut sangat mengapresiasi Orang no 1. Polres Morut bersama Bupati lakukan kegiatan Budaya tradisional  "Dero di Halaman Mako Polres Morut bertujuan mempererat hubungan silaturahim masyarakat. Irman juga berharap semoga Kegiatan seperti ini dapat berlanjut.

Kapolres Morut juga mengucapkan, "terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bekerja sama mensukseskan kegiatan tersebut dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-76 dengan selesainya kegiatan Dero yang di selenggarakan di Mako Polres Morut berjalan dengan Khidmat," tutup AKBP Ade Nuramdani, S.H.*

(Yudi/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button