Kacabdis Wilayah V Banggai Murka, Gegara Oknum Guru SMA Negeri 1 Buko Lakukan Pungli

Sabtu, 11 Juni 2022, 15:27 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Banggai Kepulauan - Kacabdis Wilayah V BanggaGuru Ekonomi SMA Negeri 1 Buko inisial RR lakukan pungli dengan jumlahnya variasi 100 ribu.

Albert Maukar Ketua Komite Sekolah dan Kepsek SMA Negeri 1 Buko Kabupaten Bangkep sangat menyesali ulah oknum guru tersebut.

Pungutan yang telah di lakukan oleh Guru (RR) tersebut alasannya kepada siswa-siswinya untuk membeli baju kaos, dari delapan puluh dua (82) yang lulus. Kaos pramuka 100 ribu untuk kelas X dan XI.

I Wayan Suasta,S.Pd,SH.MH Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Buko tidak mengetahui pungutan tersebut dan langsung memanggil Guru RR tersebut untuk mempertanyakan pungutan yang di lakukan di sekolah.

RR mengakui, perbuatannya berdasarkan data yang di pegang dari bendahara kelas X-XI oleh Kepsek SMA Negeri 1 Buko telah mengetahui bahwa uang hasil pungli tersebut yang sudah terkumpul sama (RR) sebanyak Rp.5.400.000 dan uang tersebut belum di kembalikan kepada siswa-siswi kelas X-XI.

Dan yang sempat di setor ke Guru Rr berjumlah Rp. 4.850.000,- yang masih ada di tangan bendahara kelas, dan sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Buko lansung memerintahkan kepada bendahara kelas X-XI  untuk segera di kembalikan kepada siswa-siswi yang bersangkutan dan sampai saat ini uang yang di pungut oleh Guru (Rr) Rp. 5.400.000 sesuai catatan bendahara kelasbelum juga di kembalikan kepada siswa-siswi, padahal Kepsek telah memerintahkan agar segera mengembalikan kepada siswa.

Yasser Masulili,S.Ag,M.Ap  tanggapi ulah oknum guru tersebut telah mencederai citra pendidikan di wilayah V Banggai
dan dirinya selaku perpanjangan tangan Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng akan menindaklanjuti  problem oknum guru tersebut sambil menunggu laporan resmi dari kepala SMA Negeri 1 Buko.

Albert Maukar, Ketua Komite Sekolah bersama Kepsek SMA Negeri 1 Buko sangat kecewa dengan ulah tenaga pendidiknya yang telah melakukan pungli di sekolah tanpa perintah dari kepala sekolah, para Kepala Sekolah SMA-SMK di wilayah V Banggai, Yasser Masulili,S.Ag,M.Ap telah berikan himbauan kepada seluruh kepala sekolah yang ada di bawah naungannya.

Sebut SP dan EN sangat kecewa dengan ulah oknum Guru SMA Negeri 1 Buko yang telah melakukan pungli kepada siswa-siswinya dan anaknya juga jadi korban pungli, dia juga sempat tanggapi ulah oknum guru tersebut melakukan pungutan kepada anak didiknya yang telah lulus.

"Untuk apa lagi kita mau berfoya-foya mengajak anak-anak  melakukan perpisahan, dan kumpulkan dana untuk membeli kaos, itu mubasir saja, apa lagi kita harus mendukung program pemerintah pusat patuhi prokes hindar keramaian," paparnya.

Pesan singkat  Yasser Masulili,S.A.g,M.Ap agar ini jadi perhatian bagi tenaga pendidik agar tidak serta merta melakukan pungli di sekolah masing-masing, mengingat guru sebagai ujung tombak pemerintah pusat/daerah  untuk meningkatkan mutu pendidikan bukan tujuan untuk mencederai pendidikan,

"Kami tak henti-hentinya memberi pesan kepada kepala sekolah jajarannya agar terus memberikan kontribusi yang baik buat sekolah  dan terus lakukan inovasi-inovasi yang gemilang agar mutu pendidikan di sekolah yang di nahkodainya dapat sejajar dengan sekolah-sekolah lainnya," tutup Yasser Masulili,S.Ag.M.Ap.*


Laporan:Yudi

TerPopuler

> Whatsapp-Button