Dirgahayu HUT RI Ke-77, BKB Provinsi Sumut dan PRM Tangkahan Gelar Bakti Sosial di Kelurahan Tangkahan

Sabtu, 20 Agustus 2022, 18:32 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Medan - Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tangkahan gelar Bakti Sosial (Baksos) Khitanan Massal, Donor Darah dan pembagian Sembako bagi warga tidak mampu dalam rangka menyemarakan HUT RI Ke-77 tahun 2022, dengan mengusung tema HUT RI-77 momentum meningkatkan Kesejahteraan Sosial.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di lapangan Fasum Blok AA Perumnas Griya Martubung III Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan, Sabtu (20/8/2022).

Tampak hadir sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat serta sejumlah Pimpinan Muhammadiyah se-Cabang Medan Marelan, diantaranya, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Koordinator TIM BKB Provinsi Sumut Ahmad Husaini Dongoran, Sekretaris Camat Medan Labuhan Khairunnasir, Lurah Kelurahan Tangkahan, Elias Padang, Wakil Ketua Muhammadiyah Medan Marelan Mahmud Irsyad dan Ketua Pemuda Muhammadiyah medan Marelan Bambang Herianto.

Kegiatan Baksos tersebut dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama, yaitu Khitanan Massal dan Donor Darah dimulai sejak pukul 09.00 WIB - 12.30 WIB. Sedangkan sesi kedua pembagian Sembako, dimulai pukul 13.30 WIB -17.00 WIB dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua DPRD Sumut yang juga mendapat penghargaan dari Panitia sebagai tokoh Peduli Sosial bersama Koordinator Tim BKB Provinsi Sumatera Utara, Camat Medan Labuhan dan Lurah Kelurahan Tangkahan.

Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani dalam sambutannya menyatakan, baru hari ini ke Tangkahan, tapi kalau ke wisata sawah sering.

"Saya bangga sama Ketua Eka dan Bapak Ibu yang hadir dalam acara baksos ini. Kalau memang PRM Tangkahan mau membebaskan lahan, kita bantu melalui dana bansos. Kalau pak Gubernur bisa membantu, kita juga bisa membantu lewat tanda tangan," papar Rahmansyah.

Koordinator Tim Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara Ahmad Husaini Dongoran menyatakan, terima kasih kepada PRM Tangkahan yang telah melibatkan timnya dan terima kasih sudah menfasilitasi.

"Mudah-mudahan kedepannya, bisa dibuat lagi kegiatan. Jadi kegiatan kami bukan hanya khitan, kita juga ada operasi bibir sumbing, langit-langit berlubang, sama pengobatan penyakit dalam. Kesannya kami senang terhadap acara ini. Harapannya ketiga kegiatan ini bisa dibuat lagi, biar lebih meriah," ungkap Husaini.

Sekretaris Camat Medan Labuhan Khairunnasir menyatakan, Pak Camat titip salam kepada kita semua, kebetulan masih ada acara lain, sampai nanti malam pun pak Camat masih ada acara di Kantor Walikota Medan. 


"Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Medan Labuhan mengapresiasi kegiatan baksos PRM Tangakahan," kata Khairunasir.

Wakil Ketua Muhammadiyah Marelan Muhammad Irsyad menyatakan, acara PRM Tangkahan ini sangat bagus, acaranya besar. Luar biasa PRM Tangkahan ini bisa menghadirkan Wakil Ketua DPRD Sumut.

"Sudah pas kali ini, untuk diketahui bang Rahmansyah ini abang kandung dari Mantan Bupati Tapanuli Tengah. Di Tapteng tidak ada yang tidak kenal dengan bang Rahmansyah," ungkap Irsyad.

Ketua PRM Tangkahan  Eka Putra Zakran mengatakan, kegiatan baksos ini terdiri tiga kegiatan diantaranya Khitanan Massal, Donor Doarah dan Pembagian Sembako. Adapun jumlah peserta khitan sebanyak 60 peserta, Donor Darah 29 orang dan penerima sembako sebanyak 250 Paket berisi Beras, Gula dan Minyak Goreng diberikan secara gratis kepada masyarakat tidak mampu. 

"Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77. Selain itu juga sebagai bentuk kepedulian PRM Tangkahan kepada masyarakat dan upaya untuk mengurangi beban atau penderitaan masyarakat pasca pandemi Covid-19," ucapnya.

"Saya lihat masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Sejak pagi sampai siang ini, masyarakat ramai yang hadir, ada yang dari luar kelurahan Tangkahan, bahkan ada yang dari Kecamatan Marelan. Artinya apa, artinya acara ini berjalan dengan sukses. Saya selaku mantan Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Medan menyebut acara ini bukan kecil, tapi acara besar," ungkapnya.

Ketua Panitia Baksos Novrizaldi mengucapkan, selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan peserta kegiatan baksos. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PMI dan BKB Provinsi Sumatera Utara dan Tak lupa saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Wakil Ketua DPRD Sumut Bapak Rahmansyah Sibarani dan tokoh peduli sosial, sehingga acara baksos ini dapat berjalan dengan sukses," tutup Novrizaldi.*

(Gunawan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button