Hadiri Pemecahan Rekor Muri Sajian Olahan Sagu, Pangdam XVI/Pattimura Ikut Cicipi Makanan Khas Maluku

Sabtu, 20 Agustus 2022, 17:55 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura Ny. Indah Ruruh A. Setyawibawa menghadiri Pemecahan rekor MURI untuk makanan olahan terbanyak dari sagu yang merupakan salah satu rangkaian dalam memeriahkan HUT  ke- 77 Provinsi Maluku, bertempat di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (20/8/2022). 

Kegiatan yang mengusung tema "Baku Gandeng, Maluku Bisa" dan perdana digelar di Maluku ini menyajikan makanan olahan terbanyak dari sagu sebanyak 500 jenis, melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, kabupaten dan kota. 

Tidak hanya itu, dihari yang sama digelar juga pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan menghadirkan 75  lebih UMKM di Maluku. 

Disela-sela acara nampak Pangdam turut menikmati sajian hidangan khas Maluku yang terbuat dari sagu.

Mantan Kabinda Aceh ini pun mengatakan, acara pemecahan rekor Muri ini  tak hanya sebagai acara untuk memeriahkan HUT ke - 77 Provinsi Maluku, namun acara ini mempunyai makna yang lebih esensial. 


"Dengan adanya pemecahan Rekor Muri makanan olahan sagu terbanyak hari ini tidak hanya sebagai acara puncak saja, namun juga sebagai sarana memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi penerus bangsa mengenai identitas Maluku, yaitu kuliner khas. 

"Dengan acara ini diharapkan masyarakat lebih mengenal ragam kuliner kebanggaan Maluku, jadi tidak hanya papeda dan sagu saja" kata Pangdam. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Lutfi Rumbia menyampaikan,  Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Maluku, berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan penganekaragaman dan pemanfaatan pangan lokal. 

"Melalui acara ini kami berkomitmen mengembalikan citra sagu sebagai panganan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA)," ujarnya.   

Sedangkan Gubernur Maluku dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap semua pihak termasuk UMKM tetap semangat meneruskan perjuangan  agar sagu dapat  diterima sebagai bahan pokok bagi seluruh masyarakat tidak hanya di Maluku tetapi daerah lain se-Indonesia. 

Hadir dalam acara pemecahan rekor muri tersebut sejumlah pejabat yaitu Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman dan Ibu, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan dan Ibu serta para pejabat pemerintah Provinsi Maluku.*

(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler