Ketua Komisi II DPRD Kota Medan Dukung Program Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Non Formal

Selasa, 02 Agustus 2022, 16:07 WIB
Oleh DAKAR
Photo bersama Ketua Komisi II DPRD Kota Medan, Sudari, ST dengan FTPKN

SNIPERS.NEWS | Medan - Ketua Komisi II DPRD Kota Medan, Sudari, ST mendukung penuh program peningkatan kompetensi guru pendidikan non formal Kota Medan.

Hal tersebut tegas disampaikan saat menerima kunjungan audiensi oleh Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (FTPKN) Sumut di gedung DPRD Kota Medan. Selasa (02/08/22).

Dalam tanggapannya, beliau memberikan apresiasi dengan keseriusan FTPKN, dalam menaungi dan menekan angka anak-anak yang putus sekolah, serta meningkatkan kualitas pengajar "Guru non formal".

" Saya mendukung penuh adanya Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (FTPKN) ini, keseriusan mereka patut kita apresiasi, hal ini penting, karena harapan masyarakat semakin besar terhadap pendidikan kesetaraan, yang menjadi solusi dan alternatif bagi peserta didik yang tidak mengikuti pendidikan formal, dan kita harapkan akan berdampak bagi dunia pendidikan, didukung dengan peningkatan kompetensi pengajar/Guru, anak yang putus sekolah dapat terpenuhi pendidikannya melalui guru-guru yang handal " Ucap Sudari.


Perlu diketahui, Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (FTPKN) Sumut adalah perkumpulan para tutor/guru pada pendidikan kesetaraan Paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA. Melalui pendidikan kesetaraan, anak-anak putus sekolah dan yang memilih untuk tidak mengikuti sekolah formal dapat terlayani pendidikannya.

Pendidikan kesetaraan sendiri merupakan bagian dari Pendidikan Non Formal (PNF), salah satu jalur pendidikan sebagaimana diatur dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Pendidikan kesetaraan sangat mendukung dan berkontribusi dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yaitu dalam meningkatkan rerata lama sekolah,” jelas Ketua FTPKN Sumut Indra Prawira, ST, MM,. didampingi Ketua FTPKN Kota Medan Cahaya Murni, SPD.

Ketua FTPKN Sumut juga menuturkan, siap untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan untuk mengurangi angka anak yang putus sekolah dan meningkatkan mutu dan sarana pengajar.

"FTPKN siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan, dengan meningkatkan mutu dan sarana pengajar, untuk menekan angka anak putus sekolah, berbagai usulan juga telah kami sampaikan kepada pak Sudari, selaku ketua komisi II DPRD Kota Medan terkait peningkatan kompetensi tutor kesetaraan, peningkatan sarana untuk penyelenggaraan ANBK," ucap Indra.*

(DKR)

TerPopuler

> Whatsapp-Button