KSI dan PT Pelindo Regional 1 Berkolaborasi, Belawan Merdeka Sampah

Minggu, 21 Agustus 2022, 21:15 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Belawan - Ciptakan Belawan Merdeka Sampah, Khadijah Sharaswaty Indonesia dan PT Pelindo Regional 1 sumbang pembangunan halte sampah, gerobak sampah, dan pengadaan prasarana air bersih dan MCK umum.

Bantuan tersebut diserahkan kepada penerima manfaat masyarakat di kawasan Gudang Arang, Belawan 1 dan Ujung Tanjung II, Bagan Deli.

Program bantuan yang diinisiasi Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI) sejalan dengan programnya Pelindo yakni memperhatikan lingkungan.

“Pelindo dari sabang sampai Merauke, programnya sama memperhatikan lingkungan,” ucap Division Head SDM Umum Regional 1 Pelindo, Kasih Dwiyanti, saat menyerahkan bantuan secara simbolis di kawasan Gudang Arang, Minggu (21/8/2022).

Kasih juga menyampaikan akan terus mendukung program yang berkenaan dengan peduli lingkungan yang menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Biaya jangan dihiraukan, kita akan terus dukung. Karena serapannya sudah disiapkan,” ucapnya.

Masih menurut Kasih, Pelindo sebagai BUMN dengan tagline untuk Indonesia, berharap kegiatan seperti ini bukan hanya bersifat memberikan bantuan semata, namun ada nilai lain untuk masyarakat.

“Jangan hanya program memberi bantuan, tapi ada nilai lain untuk masyarakat. Seperti value kreatifitas. Setidaknya ada nilai ekonomi dari sampah,” tuturnya penuh harap.

“Saatnya semua bersinergi. Pelindo Support, pemerintah setempat ikut mengawasi dan KSI bisa terus menjalankan programnya,” ujarnya melanjutkan.

Pada prinsipnya, Kasih berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial belaka.

“Kita akan tetap evaluasi dan awasi, ada nilai gak terhadap masyarakat agar misi Masyarakat Belawan Merdeka Sampah bisa terwujud,” ucap Kasih.

Dalam kesempatan yang sama Founder KSI Dewi Natadiningrat, mengapresiasi support yang diberikan oleh Pelindo.

“Sesuai target, semuanya selesai. Jika di awal kita bergerak sendiri dengan program yang terbatas, namun Pelindo hadir untuk memberikan dukungan luar biasa dan akhirnya kita bisa membuat program yang lebih banyak di Belawan ini,” ujar Dewi.

Dengan hadirnya Gerobak Sampah, Halte Sampah dan Prasarana Air Bersih, KSI juga mengedukasi masyarakat penerima manfaat untuk komit bersama agar sadar lingkungan.

“Ayo kita ciptakan Belawan Merdeka Sampah, kita komit bersama warga menjaga lingkungan dan Ayo LiSA (Lihat Sampah Ambil),” ajaknya.

Di samping itu juga, Dewi menyebutkan jika ada program lanjutan setelah ini yaitu mengembangan Bank Sampah yg menabung limbah plastik untuk mendapatkan sembako dan menciptakan limbah menjadi produk bernilai ekonomis yang kami namakan programnya Daur Ulang Mendulang Uang.

Sementara itu Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Syarifuddin Irsan Dongoran menjabarkan jika dinamika Belawan tidak bisa dihindari.

“Belawan dan persolan alam tak bisa dihindari, seperti banjir Rob. Kami berterimakasih kepada Pelindo Regional 1 yang punya perhatian terhadap Belawan. Sesuai slogan pak Wali Berkolaborasi, ini perlu kerja keras seluruh stake holder dan swadaya masyarakat,” ucapnya.

“Pemerintah punya keterbatasan anggaran. Kami sangat bergembira dengan komitmen Pelindo yang peduli dengan lingkungan,” ujarnya melanjutkan.

Hal senada disampaikan Camat Medan Belawan Subhan Fazri Harahap. Dirinya menilai sampah adalah satu prioritas selain banjir dan tawuran.

Hanya saja sampah hadirnya dari banjir pasang dari laut yang membawa dan meninggalkannya di kawasan masyarakat.

“Kita berharap semua bisa menjaga amanah atas apa yang sudah kita buat. Kita juga berharap generasi muda di Belawan ini bisa ikut peduli menjaga Sampah agar misi kita bersama mewujudkan Belawan Merdeka Sampah bisa terwujud,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala BPBD Kota Medan M Husni, Kabid SDA dan Kemitraan DLH Kota Medan Mathius, Lurah Gudang Arang Lukmanul Hakim, Lurah Bagan Deli Zul Asri dan sejumlah stake holder lainnya.

Usai penyerahan bantuan, KSI kembali melanjutkan progeam lainnya yakni pengadaan Jembatan Pemukiman Kampung Nelayan Sebrang Belawan.

KSI dibantu sejumlah donatur menyempatkan mengendarai perahu dan menyeberang untuk menyerahkan sejumlah papan dan material lainnya untuk pengadaan jembatan pemukiman di Kampung Nelayan.*

( Gunawan )

TerPopuler

> Whatsapp-Button