Lestarikan Budaya Daerah, Koramil Paiton Kawal Petik Laut

Senin, 22 Agustus 2022, 12:40 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Koramil 0820/16 Paiton mengawal jalannya pelaksanaan kegiatan petik laut di Desa Jabung Sisir Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

Sertu Subiyanto, anggota Koramil 0820/16 Paiton menyampaikan bahwa pelaksanaan petik laut kali ini terasa istimewa karena masih dalam nuansa peringatan HUT RI ke 77 tahun 2022.

"Acara petik laut sendiri rutin dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas hasil laut yang didapat, dengan harapan kedepannya hasil yang diperoleh lebih bagus lagi," kata Sertu Subiyanto, Senin (22/8).

Ia mengungkapkan, bahwa pihaknya sebagai aparat kewilayahan sangat mendukung gelaran petik laut sebagai upaya dalam melestarikan adat masyarakat sebagai salah satu aset budaya daerah.

"Kehadiran kami tentunya untuk mengamankan jalannya acara sehingga kegiatan dalam rangka melestarikan budaya ini dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman," ujarnya.
                             

Babinsa murah senyum ini juga menegaskan bahwa kegiatan seperti ritual dan lain- lain dalam petik laut di laksanakan guna menjaga kelestarian kebudayaan yang sudah ada semenjak mulai para leluhur terdahulu.

Tradisi masyarakat pesisir berupa petik laut harus tetap dilestarikan sebagai salah satu keberagaman budaya karena merupakan sebuah kearifan lokal yang sudah dilakukan turun temurun.

"Tentunya ada pesan moral yang bisa diambil dari kegiatan petik laut, yakni rukun dan gotong royong bahu-membahu dikalangan warga masyarakat nelayan juga menambah eratnya hubungan silaturahim," pungkasnya.*

(Taufiq/Pendim)

TerPopuler

> Whatsapp-Button