Pengembangan Budidaya Kopi dan Salak, Dinas Pertanian Isi Penyuluhan Kegiatan Non Fisik TMMD Ke-114

Friday, August 12, 2022, 13:38 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Program TMMD Ke-114 tahun 2022 di wilayah Kabupaten Tabanan selain mengerjakan sasaran fisik berupa pelebaran jalan dan pengerasan/betonisasi sepanjang 1.150 meter serta sasaran fisik pendukung lainnya yang merupakan infrastruktur akses jalan penghubung dua Desa yaitu Desa Sangketan Kecamatan Penebel dan Desa Wanagiri Kecamatan Selemadeg Kabupaten Tabanan, ini terus berlanjut begitu juga dengan kegiatan Non Fisik.

Menurut Perwira Seksi Teritorial Kodim 1619/Tabanan Kapten Inf I Made Widiarta Seijin Dandim 1619/Tabanan selaku Dansatgas TMMD Ke-114 Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P., menerangkan bahwa, kegiatan Non Fisik dalam Program TMMD ke-114 ini terus dilanjutkan, tentunya dengan mempertimbangkan materi-materi yang dibutuhkan dan dan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat setempat.

"Lokasi TMMD Ke-114 tahun 2022 di wilayah Kodim 1619/Tabanan saat ini yang berada di daerah perbukitan dan sebagian besar wilayahnya adalah lahan pertanian dan perkebunan sebagai penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan. Ini sangatlah tepat untuk memberikan edukasi dan pengetahuan terkait pertanian dan perkebunan kepada masyarakat, sehingga dapat membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian maupun perkebunan," jelasnya

"Sehingga, di samping penyuluhan-penyuluhan atau sosialisasi disektor lain kita juga prioritaskan untuk penyuluhan terkait pengembangan budidaya pertanian dan perkebunan, diantaranya adalah budidaya kopi dan salak. Untuk itu, kegiatan non fisik kali ini juga menyasar sektor pertanian dan perkebunan yang diisi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan bertempat di Balai Banjar Biyahan, Desa Wanagiri, Kecamatan Selemadeg,  Kabupaten Tabanan," jelasnya dalam kegiatan tersebut pada Kamis malam (11/8/2022).

“Desa Wanagiri sendiri yang berada di wilayah Selemadeg merupakan salah satu Desa yang menghasilkan kopi dan dan salak dan narasumber kita hadirkan dan libatkan dari Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan yaitu dihadiri  I Made Widiada dan Ir. I Wayan Arta Naya dengan menyampaikan pengetahuan tentang pengembangan  budidaya kopi seperti  Sistem Penanaman, ukuran lubang tanam kopi, Pembibitan kopi, Perawatan dan Pemupukannya," ujar Pasiter.


“Selain Budidaya Kopi Narasumber juga memberikan penyuluhan terkait pengembangan perkebunan dibidang Budidaya Salak gula  pasir meliputi perkenalan obat Pestisida Nabati dan Pestisida kimia buat salak gula pasir, Menjelaskan kelemahan dan keuntungan menggunakan Pesnab (Pestisida Nabati) menjelaskan Bahan bahan pembuatan Pesnab tersebut," lanjutnya.

Sementara terkait antusiasme masyarakat ia menerangkan bahwa, “masyarakat Banjar cukup antusias dengan kegiatan Non Fisik yang diselenggarakan pada program TMMD ke-114 ini terbukti dengan kehadiran masyarakat Petani dan Pekebun di Banjar Biyahan hampir mayoritas dapat hadir mendengarkan penyuluhan pertanian tersebut," pungkasnya.

Kegiatan Penyuluhan tersebut diikuti oleh warga masyarakat Banjar Biyahan desa wanagiri Kecamatan Selemadeg Kabupaten Tabanan.

Selain itu juga dihadiri oleh Sekdes Desa Wanagiri Bendesa Adat Sarin Buana I Gede Saputra Giri Kelihan Adat Biyahan I Made Sumayasa dan Kawil Biyahan I Wayan Setiaguna.*

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler