SolidBang RI Gelar Doa Bersama Lintas Iman di Masjid Mubarak Medan

Kamis, 18 Agustus 2022, 08:50 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Para pemuka agama lintas iman yang tergabung dalam Solidaritas Kebangsaan (SolidBang) RI mengadakan Doa Bersama Lintas Iman di Masjid Mubarak Jalan Pasar III Gunung Krakatau, Medan, Rabu (17/8/2022) pukul 16.00 Wib hingga pukul 18.00 Wib sore.

Kegiatan doa bersama tersebut bertemakan "Bangkit Bersama dan Semakin Kuat". 

"Kita bersyukur Indonesia telah berhasil melewati Pandemic Covid-19 yang telah menghabiskan waktu 3 tahun, dengan jumlah korban tertular bahkan meninggal dunia yang luar biasa banyak. Kita bersyukur telah diberikan kesehatan dan umur yang panjang oleh Tuhan," ujar Dody Lukas, salah seorang peserta doa bersama.

Acara diisi dengan kata sambutan secara Virtual dari Jend TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, S.I.P., selaku Kepala Staff Presiden (KSP RI), Romo Antonius Benny Susetyo selaku Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP RI), dan Muh. Isnur selaku Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). 

Turut hadir Walikota Medan Bobby Afif Nasution, yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Kota Medan H. Arjuna Sembiring, S.Sos., M.Sp.


Solidaritas Kebangsaan RI memiliki 15 program kegiatan diantaranya Safari Kerukunan Umat Beragama, Sosialiasi Kebhinnekaan dan Kebangsaan, Doa Bersama Lintas Iman, Diskusi Publik, Event Kemanusiaan seperti Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan, bahkan edukasi-edukasi kepada publik.

Doa bersama Lintas Iman ini bertujuan agar menjadi wadah pemersatu bangsa bagi para tokoh agama dan umat lintas iman, berkumpul dan bersilahturahmi. 

Selain itu, Doa Bersama Lintas Iman ini merupakan puncak kegiatan dari safari kerukunan umat beragama di beberapa rumah ibadah di Kota Medan.

Safari kerukunan umat beragama telah diadakan untuk ketiga kalinya, safari yang pertama diadakan di Kelenteng umat Konghucu Cie Ci Kiong, yang kedua di Kuil Hindu Shri Mariamman dan di Masjid Mubarak, Medan.

Para pemuka agama lintas iman disambut dengan antusias oleh Imam Masjid Mubarak Ust. Muhammad Idris, Ketua DPD JAI Medan Fahim Ahmad, S.T., Ketua DPD Pemuda Gunawan, S.Pd., Ketua Wanita Ana Deliana Nasution, serta 150 tamu undangan dari berbagai lintas iman.

"Perbedaan adalah sebuah keniscayaan, komitmen kebangsaan kita semua yang telah menyatukan kita, sehingga hari ini para tokoh berbagai agama dari Solidbang RI hadir di Masjid Mubarak ini. Kegiatan Doa Bersama Lintas Iman ini adalah sebuah langkah dan upaya nyata untuk membumikan toleransi, memperkuat kerukunan dan solidaritas antar sesama anak bangsa," ujar Ust. Muh Idris.


Senada dengan statement diatas, Ketua SolidBang RI Dody Lukas, S.Th., M.M. menuturkan, bahwa diri menyadari jika itu berbeda satu dengan yang lain, tetapi perbedaan itu bukan menjadi halangan dan hambatan untuk saling bersatu membangun Negeri ini, yakni Indonesia. 

"Jadi jangan sekali-kali menjadikan perbedaan sebagai hambatan untuk hidup rukun sesama umat beragama, justru ciptakanlah hidup damai dan sejuk diantara sesama umat beragama," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa SolidBang RI mengadakan safari kerukunan umat beragama ini bukan tanpa maksud dan tujuan.

"Kita adakan safari ini untuk mempererat tali silahturahmi antar umat beragama. Kita membuat suatu wadah pemersatu bangsa, dan ini adalah tempat yang sangat damai dan sejuk. Kita tidak saling mempertanyakan perbedaan, tetapi lewat perbedaan ini kita menemukan bahwa kita ini adalah makhluk sosial, ciptaan Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lainnya," ungkapnya.

Acara diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Ketua DPD JAI Medan Fahim Ahmad, S.T. Semoga Solidbang RI berkomitmen kuat untuk mengupayakan terwujudnya kerukunan antar umat beragama demi kokohnya NKRI.

Para pemuka agama lintas iman yang hadir antara lain Ust. Muh Idris, Ust Nasrun AM, Pastor Emanuel Sonny Wibisono, Pdt. Arfan Padang, Pandita Matha Riswan, Js Raymond, Js, dan yang terakhir Bhante Dhirapunno.*

(R - 1)

TerPopuler

> Whatsapp-Button