Subsidi Membengkak Ancam ketahanan Ekonomi Nasional, BBM Pertalite Perlu Penyesuaian Harga

Sabtu, 27 Agustus 2022, 23:23 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Agara - Dalam rangka mendukung ketahanan ekonomi nasional, Andri Wulandika, Aktivis Pemuda Millenial sekaligus Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Aceh Tenggara, mendukung rencana kebijakan pemerintah untuk menyesuaikan harga BBM subsidi jenis pertalite dan solar sesuai dengan harga keekonomian. Disampaikan melalui awak media Snipers.News Perwakilan Aceh, Sabtu (27/08/2022).

Andri Wulandika mengatakan, bahwa harga jual pertalite di bawah harga keekonomian, sedangkan di sisi lain, jika dilakukan penambahan subsidi justru akan membuat beban anggaran meningkat. Selain itu, jika pemerintah tidak meningkatkan harganya, maka akan membuat konsumsi BBM menjadi tidak rasional.

Untuk itu, dirinya sangat mendukung dengan adanya kenaikan harga pada pertalite, apalagi saat ini praktik subsidi pada pertalite justru banyak yang salah sasaran dimana banyak masyarakat mampu yang memiliki mobil justru turut menikmati pertalite yang notabene BBM subsidi.

Sebagai kompensasi kenaikan BBM, pemerintah dapat mengatur agar subsidi tepat sasaran dan meningkatkan program perlindungan sosial bagi masyarakat kelas bawah.

"Sementara harga BBM pertalite Indonesia masih murah dibandingkan dengan Thailand Rp.19.500, Filipina Rp.21.352 dan Vietnam Rp.16.645, sehingga wajar ada penyesuaian harga demi stabilitas ekonomi," ungkap Andri mengahiri.*

(Dalsi/Mimi)
Editor : Taufiq

TerPopuler

> Whatsapp-Button