Anggota Koramil 0820/15 Pajarakan Jalin Keakraban Bersama Petani Garam

Senin, 12 September 2022, 12:30 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Dalam melaksanakan kegiatan monitoring dan pemantauan wilayah binaannya, Babinsa Karangbong Serda Didik Sujatmiko anggota Koramil 0820/15 Pajarakan melaksanakan komsos (komunikasi sosial) serta membantu panen garam warga binaanya disekitar pesisir pantai Desa Penambangan, Senin (11/9/2022).

Menurut Serda Didik, warga di wilayah Pajarakan masih terus eksis menggarap tambak sebagai lahan pertanian. Salah satunya adalah kelompok petani garam yang berada di pesisir pantai Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Sejak puluhan tahun yang lalu, mereka menggarap lahan tambak garam dengan luasan total sekitar 20 hektar.

Dijelaskan, bahwa di Kecamatan Pajarakan masih ada petani tambak garam, sekitar 20 hektar kawasan di sini. Setiap 1 tahun, mereka bisa panen sampai 6 ton (per petak) dan panen ini dilaksanakan secara periodik antara lima sampai tujuh hari sekali.

Kehadiran Serda Didik kali ini untuk mengetahui secara nyata kondisi petani garam di wilayahnya serta mendukung program pertanian untuk meningkatkan hasil garam masyarakat. Ini kaitannya dengan mendukung program ketahanan pangan nasional. 

*Kami siap memfasilitasi warga yang membutuhkan pembinaan seperti pelatihan dan pendampingan agar kualitas produksi garam lebih meningkat," kata Serda Didik.

Meski demikian, ia berharap ke depan para petani di wilayahnya dapat memiliki produk garam sendiri. Sehingga perekonomian para petani garam meningkat dan kehidupan keluarga para petani garan semakin sejahtera. Pasalnya, selama ini hasil pengolahan garam mereka langsung disuplai ke pabrik-pabrik yang ada di wilayah lain di luar Probolinggo.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button