Bersama Pihak Terkait, Anggota Koramil 0820/13 Krejengan Gelar Vaksinasi PMK

Rabu, 21 September 2022, 18:58 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo – Anggota Koramil 0820/13 Krejengan, Serka Agus melaksanakan pendampingan pemberian vaksinasi di sejumlah kandang sapi milik warga di Desa Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo, Rabu (21/9/2022).

Dalam upaya mencegah meluasnya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang banyak menyerang ternak sapi warga, pemantauan dilakukan pada hewan ternak yang sudah terkena PMK yang diobati secara rutin dan berangsur angsur telah membaik.

Serka Agus aktif bekerja dengan Dinas Peternakan Kecamatan Krejengan dan dokter hewan yang sudah menjadi mitra tetap Koramil 0820/13 Krejengan dalam  melakukan pemantauan secara masif.

Danramil 0820/13 Krejengan  Kapten Czi Bagus Handoko saat diwawancarai menyatakan, bahwa kegiatan pemantauan ini terus dilakukan secara masif oleh Babinsa jajarannya. "Kegiatan pemantauan ternak ini sangat mengapresiasi sekali, karena terbukti mampu menghabat laju angka penyebaran diwilayahnya," jelas Danramil Krejengan.

Serka Agus juga menambahkan, bahwa pendampingan pemberian vaksinasi serta sosialisasi ini diharapkan sebagai bentuk upaya pencegahan dan antisipasi kepada pemilik hewan ternak jenis sapi agar secara dini mengetahui gejala-gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Adapun ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi yaitu hewan mengalami demam tinggi, muncul air liur berlebihan, terdapat serta luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah, hewan ternak tidak mau makan, nafas terlalu cepat/ hipersalifasi dan abortus. 

Para peternak juga harus selalu waspada dan menjaga kebersihan, kesehatan pada hewan. Sebagai upaya pencegahan secara dini. "Dalam kegiatan ini, kami akan terus kami lakukan pemberian vaksinasi serta sosialisasi dengan pihak terkait, sebagai upaya pencegahaan, dengan harapan kita semua, hewan-hewan ternak milik warga di wilayah binaan kami bebas dari wabah PMK," harapnya.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button