Hadiri Pencanangan Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan, Pangdam Tanam Cabai dan Bawang Merah

Selasa, 20 September 2022, 15:09 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. menghadiri acara Pencanangan Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah Provinsi Maluku, bertempat di Kebun Kelompok Tani Mutiara Pattimura, Universitas Pattimura, Ambon, Selasa (20/09/2022).


Kegiatan penanaman yang dilakukan di kebun Mutiara Pattimura ini telah berjalan dan fokus pada tanaman holtikultura, seperti kacang panjang, terong, tomat, gambas, labu siam, cabai dan bawang merah, hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Maluku dan Dinas Pertanian Provinsi Maluku yang menggandeng Kodam XVI/ Pattimura, Universitas Pattimura dan instansi lainnya.


Penanaman cabai dan bawang merah yang dilakukan hari ini bertujuan memperkuat kemampuan wilayah untuk menyediakan pangan terhadap masyarakat Maluku. Kegiatan penanaman ini juga merupakan upaya memaksimalkan produksi dari produk unggulan pertanian yang menjadi konsumsi utama bagi masyarakat.


"Kegiatan ini adalah langkah strategis untuk mendukung sektor pertanian yang dibutuhkan masyarakat. Upaya ini dapat menopang ekonomi masyarakat dan laju inflasi tidak terlalu berdampak pada ekonomi masyarakat, serta usaha di bidang pertanian juga dapat ditingkatkan," terang Pangdam.



Lebih lanjut, Pangdam mengatakan, Kodam XVI/Pattimura berkomitmen untuk berkontribusi dalam menyukseskan program pemerintah Provinsi Maluku dalam pengendalian inflasi pangan. "Kodam akan senantiasa membantu tercapainya program pembangunan di daerah baik pada aspek kemananan maupun kesejahteraan," imbuhnya.


Selain penanaman cabai dan bawang merah, disekitar lokasi juga terdapat pameran produk olahan pangan dan juga terdapat booth sayur mayur, telur, beras dan kebutuhan pokok lainnya yang dapat dibeli oleh masyarakat.


Pada kesempatan yang sama, dibagikan bibit cabai dalam polybag sebanyak 127.000 kepada kelompok masyarakat sekolah, instansi pemerintah, kampus Unpatti, kelompok PKK serta kelompok penerima lainnya untuk dikembangkan secara mandiri di lingkungan masing- masing.


Pada acara tersebut, Pangdam turut serta dalam menanam cabai dan bawang merah yang diikuti oleh sejumlah pejabat diantaranya Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Kajati Maluku Edyward Kaban, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, dan pejabat Forkopimda Provinsi Maluku.*


(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button