Koramil 0820/04 Bantaran Kawal Posyandu

Sabtu, 17 September 2022, 09:57 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Serda Purnomo Babinsa Koramil 0820/04 Bantaran laksanakan pendampingan kegiatan Posyandu, balita dan ibu hamil sebanyak 4 dusun di Desa Karanganyar Kecamatan Bantaran Kabapaten Probolinggo, Sabtu (17/09/2022).

Serda Purnomo menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam pemeliharaan kesehatan bagi anak dan balita, sekaligus sebagai cermin para orang tua dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi anak agar mereka dapat tumbuh sehat.

"Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian tugas kewilayahan yang harus dilakukan Babinsa," ujar Serda Purnomo.

Dalam mendampingi petugas imunisasi, dirinya menyampaikan dukungan imunisasi anak dengan mendampingi petugas yang melaksanakan imunisasi, hal itu untuk menghibur serta menenangkan para anak-anak yang akan di imunisasi agar tidak takut saat diimunisasi.

Ditempat terpisah, Danramil 0820/04 Bantaran Kapten Arh Ari Bunanto menerangkan, kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Babinsa untuk melakukan komunikasi sosial, berinteraksi dengan masyarakat, juga menyampaikan sosialisasi agar ibu-ibu selalu menjaga kesehatan putra - putrinya, rajin ke posyandu sehingga dapat dipantau perkembangan balitanya, untuk menghindari stunting.

“Sifatnya kami berkolaborasi menyesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi yang ada. Di mana kami personel TNI dalam tupoksinya, mengawal setiap program pemerintah, sehingga dipastikan sukses. Apalagi program posyandu ini berkaitan dengan generasi penerus bangsa, jadi kami turut berkewajiban untuk menjaga kelangsungan generasi penerus bangsa itu sendiri,” terangnya.

Posyandu menjadi sarana yang sangat penting bagi masyarakat. Khususnya bagi ibu dan anak untuk memantau perkembangan kesehatannya balitanya. Dengan melakukan penimbangan berat badan balita, imunisasi, pemberian vitamin A dan pemberian makanan tambahan (PMT) serta mengontrol kesehatan ibu hamil. Pada akhirnya dapat mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler