Walikota Binjai Sambut Menparekraf Sandiago Uno

Selasa, 20 September 2022, 21:49 WIB
Oleh Link

Poto : Sandiaga Salahuddin Uno saat di sambut Walikota Binjai dalam rangka Workshop.


SNIPERS.NEWS | Binjai - Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kota Binjai dalam rangka Workshop Kabupaten/Kota Kreatif, Selasa (20/9). 

Kunjungan Sandiaga Uno ini langsung disambut Walikota Binjai Amir Hamzah, Wakil Walikota Rizky Yunanda Sitepu, unsur Forkopimda, dan pimpinan OPD di Rumah Dinas Walikota, Jalan Veteran, Binjai Kota.


Sandiaga Uno yang tiba di Rumah Dinas Walikota langsung menuju ke Pendopo Umar Baki, yang bersebelahan dengan rumah dinas. Di Pendopo, rombongan disambut para peserta workshop. 

Tanpa panjang lebar, Sandiaga Uno langsung memulai workshop. Disebutkannya, workshop ini dilaksanakan di 35 kabupaten/kota kreatif, dan Kota Binjai merupakan kota yang ke 33.

Sandiaga Uno menyebutkan, ketangguhan ekonomi tidak terlepas dari para pelaku UMKM kreatif. "UMKM tidak tergerus zaman, karena modal awalnya kreatifitas, imajinasi, original, dan terbarukan," sebutnya. 

Sandiaga Uno menilai, saat ini Kota Binjai masih konsisten dengan berbagai UMKM kreatifnya, mulai dari tahu balek, kain ulos, tau kua heci, dan mie sop ayam. "Walikota harus tentukan subsektor apa yang menjadi unggulan kuliner dan kriya atau kerajinan tangannya," saran Sandiaga Uno. 


Selain itu, Sandiaga Uno menerangkan terkait kenaikan harga pangan saat ini. Menurutnya, kenaikan pangan yang terjadi merupakan inflasi dan terjadi di hampir seluruh belahan dunia. 

"Apa yang kita rasakan saat ini merupakan dampak inflasi. Untuk menghadapi inflasi jangan saling menjatuhkan dan sikut menyikut. Tapi cari solusi, mulai berjejaring, perkuat pengelola keuangan, dan berhemat," ungkapnya. 

Untuk tahun ini, lanjut Sandiaga Uno, pemerintah menyiapkan 1,1 juta lapangan pekerjaan. "Jika kita mampu atasi inflasi ini, pada tahun 2024 nanti akan dibuka 4,4 juta lapangan pekerjaan," bebernya. 

Pada keterangan persnya, saat ini kuliner Kota Binjai sudah cukup baik. Hanya saja, masih butuh sentuhan lebih agar mempermudah dalam pemasarannya. "Rasa kulinernya enak dan sangat enak. Tinggal kemasannya saja yang perlu ditingkatkan," ucapnya. 

Walikota Binjai Amir Hamzah, pada kesempatan itu mengatakan, Binjai merupakan kota jasa, perdagangan dan sangat dinamis. "Kami berencana ingin menjadikan Pujasera sebagai tempat wisata kuliner di samping wisata air di sebelahnya," kata Amir. 

Ini dilakukan, lanjut Amir, agar warga Langkat dapat menghabiskan uang di Binjai. Sehingga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. "Banyak kuliner kami pak, ada tahu balek, mie rebus, sate, mie aceh, dan ifu mie Binjai juga terkenal," ucap Amir.

Suasana tampak mencair, Sandiaga Uno dan wali kota tampak sangat akrab. Di sela canda tawa itu, Sandiaga Uno dan wali kota diminta untuk menyelesaikan tantangan menghias puding kelapa. 


Tantangan itu disambut baik Sandiaga Uno dengan meminta Kapolres Binjai AKBP Fario Sano Ginting sebagai rekan satu timnya. Sedangkan wali kota meminta wakil wali kota sebagai rekannya. Tantangan ini dimenangkan oleh wali kota dan wakil wali kota. 

Kegiatan itu juga dilanjutkan dengan tanya jawab. Para peserta antusias melontarkan pertanyaan. Sandiaga Uno juga diberikan foto yang terbuat dari limbah ranting pohon rambutan. 

Dari semua rangkaian kegiatan tersebut, Sandiaga Uno berpesan kepada para peserta untuk menggunakan produk lokal. Sehingga pelaku usaha UMKM dalam negeri dapat bangkit.*

(Raiyan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button