Audensi ke Balai K3 Medan, Rombongan DPD K.SPSI AGN Sumut Disambut Hangat

Jumat, 21 Oktober 2022, 08:23 WIB
Oleh DELINEWS NETWORK

SNIPERS.NEWS | Medan - Bangun sinergitas bersama Balai K3 Medan, DPD K.SPSI AGN Sumut berkunjung dan melakukan audensi ke gedung Balai K3 Medan, Jalan KL Yos Sudarso No. 64, Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, Kamis (20/10/2022) pagi sekira pukul 10.00 Wib.

Kedatangan rombongan DPD K.SPSI AGN Sumut dibawah kepemimpinan T. M. Yusuf, S.E., M.M., didampingi Bendahara Sumut, Taufik Khayat, Wakil Bendahara Yopie Jordan, Ketua FSP PPMI SPSI AGN Medan, Rouses de Fretes dan Sekretaris Roberto Zega, disambut hangat langsung oleh Kepala Balai K3 Medan, dr. Richard A. Harianja.


"Terima kasih atas penerimaan dari Bapak Kepala Balai K3 Kota Medan yang membawahi area kerjanya dari Aceh sampai dengan Palembang. Hari ini kita diperintahkan oleh pimpinan pusat kita, pak Andi Gani Nena Wea, untuk melakukan sosialisasi dan langkah-langkah apa yang kita bisa lakukan dari serikat ini dalam menorehkan perjalanan perhatian kita terhadap negara," ungkap Yusuf dalam pembukaannya.

Dirinya menekankan, bahwa maksud kedatangan pihaknya adalah untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan, yang selama ini terabaikan oleh perusahaan.

"Jadi hari ini kita langsung bertanya mengenai langkah dan teknis yang harus kita jalankan dan tindakan hal-hal yang mengerucutkan untuk adanya kerjasama dalam hal ini mungkin yang sudah kita sepakati, bagaimana kita bisa melakukan suatu kolaborasi dan sinergitas antara serikat dengan balai K3. Karena, setelah kita diskusi begitu panjang, ada beberapa item yang menjadi konsen kita yang pertama adalah bagaimana kita bisa menciptakan kepedulian, karena dengan kepedulian sudah bisa diciptakan sehingga menjadi suatu kebudayaan," harapnya.

Dirinya mengaku, betapa pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja terhadap karyawan yang perlu di budidayakan menjadi suatu kebiasaan.

"Kalau sudah menjadi suatu kebiasaan, orang menggunakan APD atau hal-hal yang berhubungan dengan K3 itu, akan bisa menjadi kebudayaan bagi dirinya masing-masing. Dan hal yang lebih penting adalah kalau pasca keselamatan pekerjaan ada hal lain yang harus menjadi perhatian kita, salah satunya adalah seperti Kesehatan," tuturnya.

Pihaknya berkomitmen membantu program-program Balai K3 Medan kedepannya.

"Jadi dalam hal ini, mungkin kita SPSI akan mendorong agar dikembangkan dalam suatu tajuk Forum Diskusi Group atau pengembangan LKS-LKS Tripartite nantinya melibatkan seluruh stakeholder. Kenapa? Tidak bisa hanya kita percayakan kepada lembaga negara seperti K3, hanya untuk peduli dan mensosialisasikan hal ini. Jadi dalam hal ini kita berkomitmen K.SPSI Sumatera Utara nanti akan membangun koordinasi dengan K.SPSI Andi Gani yang berada di kauku Sumatera kita akan membantu program K3 yang berada di Balai," pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Balai K3 Medan menyambut positif kehadiran DPD K.SPSI AGN Sumut. Dirinya menegaskan betapa pentingnya K3 terhadap karyawan yang masih minim pelaksanaan di perusahaan-perusahaan yang ada.

"Ini pertanyaan yang triki sebenarnya, kalau berdasar tusi terhadap perusahaan-perusahaan yang membandel, kita harus membedakan Tusi balai itu upaya perlindungan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja bagi tenaga kerja, itu upaya perlindungan, dengan cara apa? Dengan cara pengujian, pemeriksaan dan kemudian membangun sumber daya manusianya tentang K3," ungkap dr. Richard.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa Balai K3 menghasilkan laporan hasil pengujian dan kemudian memberikan kesimpulan dan saran bagi para pengusaha-pengusaha.

"Jadi, balai menghasilkan laporan hasil pengujian. Didalam laporan hasil pengujian itu, ada dua faktor yang cukup berperan disana yaitu kesimpulan dan saran. Di kesimpulan dan saran inilah itu peran perusahaan untuk menindaklanjuti. Siapa yang mengkawal kesimpulan dan saran ini? Itu adalah teman-teman pengawas ketenagakerjaan yang ada di dinas tenaga kerja," tegasnya.

Dirinya berharap, agar koordinasi antara DPD K.SPSI AGN Sumut dengan Balai K3 Medan dapat bersinergi dengan baik.*

(Tim)

TerPopuler

> Whatsapp-Button