Kapolres Simalungun Gelar "Jumat Curhat" Bersama Komunitas Mahasiswa Gemapsi dan Himapsi

Jumat, 28 Oktober 2022, 21:01 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kepolisian Resor Simalungun mengadakan inovasi kegiatan pertemuan dengan Komunitas Mahasiswa bertajuk "Jumat Curhat", yakni dua komunitas mahasiswa yang melakukan dialog bersama Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H.

Kedua komunitas tersebut yaitu Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Gemapsi) dan Himapsi (Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun) di Cafe Shop Horja Jalan Sudirman Pematangsiantar, Jumat (28/10/2022) sekira pukul 13.30 Wib.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan, lewat inovasi tersebut pihaknya bisa betul-betul mengetahui kondisi masyarakat di lapangan. Kemudian, menurutnya hal itu bakal menjadi acuan untuk meningkatkan pelayanan kepolisian.

"Demikian juga terhadap rekan-rekan mahasiswa yang tentunya memiliki pemikiran kritis, demokratis, dan konstruktif selalu lahir dari pola pikir para mahasiswa. Suara-suara mahasiswa kerap kali merepresentasikan dan mengangkat realita sosial yang terjadi di masyarakat," ucapnya.

"Sikap idealisme mendorong mahasiswa untuk memperjuangkan sebuah aspirasi, dengan cara mereka sendiri, namun demikian hadirnya Kepolisian disini dapat membentuk karakter yang lebih baik, dan lebih dewasa dalam menyampaikan aspirasinya. Dengan demikian, apa yang akan disampaikan akan terlaksana dengan keadaan aman dan baik serta iklim yang sejuk," ucap AKBP Ronald. 


Sehingga menurutnya, selain mendengarkan aspirasi, menurutnya kegiatan tersebut juga bisa sekaligus menjembatani pihak kepolisian dalam mengedukasi masyarakat.

"Kita juga dapat menjadi motivasi terhadap rekan-rekan mahasiswa, dengan menjelaskan bahwa apa yang dilihat saat ini bukanlah terjadi begitu saja. Saya menjadi seorang Kapolres di Simalungun bukan seperti membalikan telapak tangan, namun ada proses dan usaha-usaha yang telah dilakukan, ini semua kita sampaikan kepada rekan-rekan mahasiswa sekalian," demikian pesan Kapolres.

Sukses bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting, cinta akan hal yang sedang atau ingin kau lakukan.

"Kesempatan ini kita juga mengajak, Mahasiswa dan Civitas Akademik, Organisasi kemahasiswaan dan pemuda, Organisasi Masyarakat (Ormas) serta Pokdar Kamtibmas untuk dapat mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional, serta bekerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Tahapan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara," ujar Kapolres Simalungun.

AKBP Ronald mengatakan, inovasi "Jumat Curhat" itu bakal dilakukan secara rutin setiap hari Jumat ke depannya. Dia mengaku pihaknya bakal menyediakan waktu selama satu hingga dua jam untuk mendengarkan keluhan masyarakat.

"Intinya, masyarakat bisa menyampaikan keluh kesah, curhatan atau saran masukan kepolisian, supaya kami bisa tindaklanjuti segera," tandas AKBP Ronald F.C Sipayung.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button