Mahasiswa UNA Adakan Kelas Publik Speaking dan Kerjasama Antar Ormas di Silau Laut

Minggu, 16 Oktober 2022, 01:24 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Asahan - Tim PPK ORMAWA FKIP Universitas Asahan (UNA) mengadakan pertemuan dengan berbagai organisasi daerah di Desa Silo Baru untuk membangun hubungan sosial dan produktivitas yang efektif dalam pekerjaan serta kesuksesan program, Sabtu (17/09/22).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai 
organisasi di Desa Silo Baru, yaitu Organisasi Himpunan Mahasiswa Silau Laut (Himsil), Anak Semut Production, BKPRMI Silau Laut, Karang Taruna Silau Laut, Rumah Pinsil, Tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan Matematika FKIP Universitas Asahan dan Civitas Akademika Universitas Asahan.

Sebelum masuk ke acara penandatanganan, Dr. Dailami, M.I.Kom., (Dosen Universitas Asahan) memberikan materi "Pentingnya Kemampuan Public Speaking guna meningkatkan komunikasi antar organisasi kepemudaan dan organisasi kemahasiswaan".

Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengarahan serta motivasi bagi setiap organisasi yang hadir.

"Organisasi itu sangat penting. Dengan bergabung dalam organisasi akan membuat kita semakin banyak memiliki teman, semakin banyak berkomunikasi, maka semakin meningkatnya percaya diri, public speaking pun akan terlatih secara perlahan. Seorang pemimpin haruslah pandai berkomunikasi, jika tidak maka hancurlah organisasi tersebut," ujar Dailami.

Yang terpenting, ujar Dailami, di dalam organisasi adalah bagaimana cara membangun kerjasama antar anggota. Dengan berorganisasi akan melatih kepemimpinan seseorang. Seorang 
pemimpin haruslah memiliki wawasan yang luas dan berani beradu argumen serta 
mampu berpikir secara out of the box.

"Sebagai seorang pemimpin, kita harus berani membuka relasi dengan bekerjasama organisasi lain," paparnya.

Setelah penyampaian materi, setiap organisasi yang hadir diberikan kesempatan untuk menyampaikan argumennya mengenai kerjasama dengan tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan Matematika FKIP Universitas Asahan.

"Kepada tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan Mateamatika FKIP Universitas Asahan, karena dengan kedatangan kalian akhirnya di Silau Laut ada acara dan moment-moment seperti ini yang sangat kami tunggu dari dulu. Terima kasih karena 
kami telah diajak kerjasama, kolaborasi, dan bekerja bersama-sama, karena pada dasarnya saya juga tidak bisa bergerak sendiri tanpa bantuan dari teman-teman yang lain. Meski saya memiliki banyak ide, jika saya tidak dibantu oleh teman-teman maka ide saya itu tidak akan terlaksana," ucap Founder Anak Semut Production. 

"Harapan kami, setelah program ini nanti selesai dan tim PPK ORMAWA beranjak dari Kecamatan Silau Laut semoga pemuda-pemudi Silau Laut bisa melanjutkan “Gerakan literasi Desa Cerdas” secara estafet, seperti yang sudah dilaksanakan oleh tim PPK ORMAWA. Kami akan selalu mendukung dan membantu apapun itu kegiatannya yang bertujuan pada masyarakat terlebih lagi untuk pendidikan," ujar founder Anak Semut Production kembali.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Silau Laut juga memberikan tanggapannya. pihaknya siap mendukung semua program yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Kami dari Karang Taruna Silau Laut siap mendukung segala program yang mungkin 
nantinya akan kerjasama dengan semua organisasi ataupun pemuda di Desa Silo Baru, yang bersifat non-formal kami siap mendukung dan mensukseskan kegiatan," ujar Ketua Karang Taruna Silau Laut.

Senada dengan Karang Taruna, Himsil Silau Laut juga berharap, ke depan PPK Ormawa dapat lebih mengedukasi masyarakat supaya memiliki minat baca, dan termotivasi untuk belajar ke tingkat yang lebih tinggi.

"Kami Himsil berharap Tim PPK ORMAWA dapat meningkatkan minat baca pada 
masyarakat sekitar, agar mereka termotivasi untuk berpendidikan tinggi, karena pendidikan itu penting dan masalah ekonomi bukanlah penghalang untuk hal tersebut," ujar Ketua Himsil.

Terakhir, Dosen Pembimbing Anil Hakim Syofra, S.Pd., M.Si., menyampaikan, "dengan adanya komunikasi dan kerjasama ini, saya berharap dari rekan organisasi kepemudaan Silau Laut untuk turut memberikan masukan dan ide-ide cemerlang dalam menyukseskan Gerakan Literasi Desa Cerdas, dan terlibat langsung pada rangkain kegiatan kedepannya," ujar Anil Hakim Syofra.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan surat kerjasama. Tim PPK Ormawa HMPS Pendidikan Matematika FKIP Universitas Asahan berharap, dengan terjalinnya kerjasama ini, dapat meningkatkan minat baca dan menjaring relawan literasi di masing-masing pojok baca.*

(R - 1)

TerPopuler

> Whatsapp-Button