Pelda Abdul Hamid Bersama Muspika Hadiri HSN

Minggu, 23 Oktober 2022, 20:10 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo – Bati Tuud  Koramil 0820/ 10 Kuripan Pelda Abdul Hamid dan Serda Vicente Gomes menghadiri apel bersama dalam rangka Hari Santri Nasional tahun 2022 bertempat di Lapangan SDN II Kedawung Desa Kedawung  Kecamatan  Kuripan Kabupaten  Probolinggo, Minggu (23/10/2022).

Perlu diketahui bersama bahwa Santri Indonesia memiliki hari perayaan khusus yang ditetapkan secara sah oleh negara setiap tanggal 22 Oktober yang dinamai sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya 'Resolusi Jihad' yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

"Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda. Dan hari santri kali ini mengambil tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan," terangnya.

Saat ditemui oleh awak media Pelda Abdul Hamid menerangkan tema hari santri tahun ini yaitu berdaya menjaga martabat kemanusiaan, dengan maksud, bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Dengan berbagai latar belakangnya santri siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

"Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan hari santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut Pelda Abdul Hamid menyampaikan kepada para santri, tidak menutup kemungkinan yang kedepannya merekalah yang akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia ini, belajarlah sungguh-sungguh agar kelak kalian menjadi generasi penerus yang handal serta dapat memegang penuh amanah dari masyarakat.

"Melalui momen apel bersama peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta'ala," tutup Abdul Hamid.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button