Prajurit Kodam Pattimura Ikuti Apel Kesiapsiagaan TNI AD

Rabu, 26 Oktober 2022, 17:02 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Sebagai salah satu garda terdepan, TNI-AD dituntut harus memiliki tingkat kesiapsiagaan yang optimal, sehingga siap menjalankan amanat tugas dari negara, kapanpun dan di manapun dibutuhkan. 

Untuk itu, hari ini, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., memimpin Apel Gelar Pasukan terpusat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat yang diikuti oleh Prajurit jajaran TNI AD di seluruh wilayah Indonesia secara virtual, dalam rangka mengecek kesiapsiagaan serta mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis, baik lingkup global, regional, maupun nasional yang berkembang sangat dinamis dan kompleks. 

Di Kodam XVI/Pattimura, kegiatan apel gelar pasukan di gelar secara virtual terpusat di Mako Yonif R 733/Masariku, Desa Waiheru, Kec Baguala, Kota Ambon, Rabu (26/10/2022).

"Apel gelar pasukan ini, memiliki makna sangat strategis bagi TNI AD, sebagai salah satu bentuk sederhana untuk mengukur kesiapsiagaan satuan TNI AD dalam melaksanakan tugas-tugas kita sebagai bagian integral dari TNI, yang merupakan komponen utama pertahanan negara," ucap Kasad. 

Di hadapan peserta apel, Kasad menyampaikan tugas pokok TNI Angkatan Darat tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis baik dalam lingkungan global, regional, maupun nasional yang kompleks dan dinamis, yang dapat mengancam Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Hal ini menuntut, TNI Angkatan Darat Harus memiliki tingkat kesiapsiagaan yang optimal, sehingga siap menjalankan amanat tugas dari negara kapanpun dan dimanapun dibutuhkan. 


"Jangan pernah ragu untuk melakukan tindakan yang diperlukan, asalkan terukur sesuai standar operating prosedur maupun aturan yang berlaku, pedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta pegang tujuh perintah harian Kasad," pinta Kasad. 

Lanjut dikatakan Kasad, "Saya sampaikan, bahwa satuan TNI Angkatan Darat harus semakin menunjukkan peran fungsi dan tugasnya untuk mampu melakukan kegiatan-kegiatan yang optimal dan maksimal, dalam membantu mensukseskan program-program pemerintah. 

Usai mengikuti apel gelar kesiapsiagaan, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa mengatakan, agar setiap Prajurit mempedomani dan melaksanakan apa yang disampaikan oleh Kasad. 

Pangdam merasa bangga dengan Prajurit Kodam XVI/Pattimura, dalam waktu kurang dari 1 X 24 jam bisa siap siaga dan tergelar dengan baik. 

Pangdam juga berpesan jaga harkat, martabat dan kehormatan Prajurit TNI Angkatan Darat yang tidak diragukan lagi kesetiaan dan loyalitasnya kepada Bangsa dan Negara. 

"Jaga kesehatan, Jaga fisik sehingga setiap saat siap untuk bertugas dan jangan lupa libatkan Tuhan yang Maha Kuasa dalam segala rencana, gerak langkah kita semua," tegas Pangdam.*

(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button