Dampingi Panglima TNI di Tahura Mangrove, Pangdam Yakinkan Satgas Pamwil Kuasai Medan

Jumat, 11 November 2022, 18:32 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWSDenpasar - Usai meninjau venue GWK Cultural Park dan melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Al-Fariz Denkav 4/SP, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi para Dansatgas dan pejabat terkait yang terlibat dalam acara Presidensi KTT G20 kembali memastikan pengamanan di Venue Kawasan Tahura Mangrove Ngurah Rai, Areal Pura Candi Narmada, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan, pada Jumat (11/11/2022).

Sebagai ujung tombak dalam sektor keamanan pada pelaksanaan Presidensi KTT G20, Satuan Tugas Pengamanan Wilayah yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., harus dapat menjamin seluruh keamanan kewilayahan pada tiap venue kegiatan KTT G20 dengan mengoptimalkan seluruh personelnya yang berada di pengamanan rute, obyek maupun penginapan.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI didampingi Pangdam IX/Udayana melakukan pengecekan kesiapan personel Satgas maupun kesiapan materiil yang digunakan dalam pengamanan para tamu VVIP peserta KTT G20. Selain itu, Panglima TNI juga meninjau kesiapan personel Satgas Pengamanan yang telah memasuki kedudukan mulai dari ring 3 hingga ring 1 pengamanan di Tahura.


Sementara itu, Pangdam meyakinkan seluruh pasukan telah mengenal dan menguasai medan di titik masing-masing, khususnya ketika ada dinamika saat kegiatan berlangsung. Hal ini mengingat kawasan Tahura ini minim daratan dan dekat dengan perairan, sehingga seluruhnya harus siap dan tidak ada yang meninggalkan kedudukannya masing-masing hingga seluruh kegiatan G20 selesai.

Untuk diketahui, Pemerintah juga mengagendakan penanaman bakau atau mangrove oleh Kepala Negara maupun Delegasi yang hadir di sela-sela KTT G20 di Bali. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menekankan pentingnya penanganan krisis iklim. Salah satu tema yang dipilih adalah transisi energi, termasuk soal lingkungan hidup.

Sebagai salah satu negara dengan hutan mangrove terbesar, diharapkan agenda ini bisa menginspirasi dunia. Panitiapun sudah menyiapkan bangunan kayu berbentuk elips tempat para pemimpin G20 menanam mangrove "Rhizhopora Apiculata", serta juga menyediakan puluhan lubang tanam yang akan dimasukkan bibit mangrove Rhizopora mucronata oleh para tamu VVIP peserta KTT G20.*

(Arifin/Lilik/Pendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button