Danramil 0820/24 Tiris Beserta Forkopimda Probolinggo Gelar Apel Siaga Bencana

Minggu, 13 November 2022, 11:19 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Musim penghujan sudah mulai melanda wilayah Kabupaten Probolinggo, dalam rangka mengantisipasi bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor yang kemungkinan terjadi.

Kodim 0820/Probolinggo khususnya Koramil 0820/24 Tiris bersama dengan unsur pemerintah daerah, Polri, tenaga kesehatan, Relawan KSB (Kampung Siaga Bencana) Kecamatan Tiris, anggota Arum Jeram Songa, Pramuka dan para relawan melaksanakan apel gelar pasukan siaga bencana yang dilaksanakan di Ranu Betok Desa Ranuagung Kecamatan Tiris Probolinggo, Minggu (13-11-2022).

Bertindak sebagai menjadi Irup (Inspektur Upacara) dalam acara kegiatan apel kesiap siagaan, Danramil 0820/24 Tiris, Lettu Inf M Toha mengatakan, apel gelar pasukan siaga bencana yang dilaksanakan hari ini, dimaksudkan sebagai momentum pemersatu komitmen dan persepsi diantara semua elemen terkait penanggulangan bencana.

Dalam amanatnya, Lettu Inf M. Toha menyampaikan terimakasih atas kehadiran para personil dalam apel siaga bencana, mengingat saat ini Tiris telah menghadapi musim hujan baik dengan intensitas sedang, tinggi bahkan ekstrim sehingga di beberapa wilayah yang rawan bencana alam seperti banjir, longsor, ataupun angin puting beliung harus dapat di antisipasi. 
                                

"Oleh karena itu, kita semua harus tetap waspada dan siaga dalam penanggulangan bencana alam seperti tersebut diatas, maka apel ini menjadi sangat penting untuk dilakukan guna mengetahui dan mengetahui persiapan baik personel maupun materiil yang sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu menanggulangi bencana alam secara cepat dan tepat sasaran," terangnya.

Ia juga menekankan kepada seluruh peserta apel, agar kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sehingga dapat sesegera mungkin digerakkan bila suatu saat terjadi bencana alam.

Lettu Inf M. Toha menyebutkan, bahwa berdasarkan UU RI nomor 34 tahun 2004 bahwa tugas TNI disamping berperang atau operasi militer, juga membantu terhadap penanggulangan bencana alam, baik pada tahap tanggap darurat, rehabilitasi maupun rekontruksi.

Sudah ada beberapa titik yang di ketahui rawan bencana di beberapa daerah, yang sebelumnya sudah di bahas bersama Kepala BPBD dan unsur terkait.

"Jadi sekarang ini kita laksanakan apel pengecekan seandainya terjadi bencana, kita sudah siap bergerak," terang Danramil Tiris.

Diakhir penyampaian amanatnya Danramil berharap kepada seluruh personil apel, agar benar-benar memahami tugasnya, sehingga masyarakat yang terdampak dapat segera menerima bantuan.

"Laksanakan tugas ini dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab, ini bukan saja menjalankan tugas semata, namun ini merupakan pengabdian kita kepada bangsa dan negara, lebih khusus kepada masyarakat Tiris," tutupnya.*

(Taufiq/Pendim0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button