Sertu Yoyok Hadiri Sosialisasi Budidaya Hidroponik, Ini Caranya...

Kamis, 03 November 2022, 08:20 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Probolinggo – Sebagai sarana komunikasi sosial serta mensosialisasikan dan memberikan keterampilan tentang cara bercocok tanam dengan metode hidroponik, Babinsa Koramil 0820/02 Wonoasih Sertu Yoyok Nurhadi Santoso menghadiri pelatihan budidaya tanaman hidroponik yang diselenggarakan oleh Pokmas Ketupat Mas Kelurahan  Kedopok Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo, Kamis (3-11-2022).

Adapaun kegiatan tersebut di hadiri oleh Camat Kedopok, Imam Cahyadi S.Sos,.M.Si, perwakilan dari Dinas Pertanian Reni Agustina S.P, Lurah Kedopok Moh Yunus, Babinsa Kelurahan Kedopok Sertu Yoyok Nurhadi Santoso serta Kader PKK Kelurahan Kedopok yang berjumlah sekitar 40 orang.

Sertu Yoyok Nurhadi Santoso menerangkan bahwa tujuan dari dilaksanakan pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan khususnya dalam bidang budidaya tanaman secara hidroponik kepada warga Kelurahan Kedopok.

"Warga semakin kreatif melihat situasi dan kondisi saat ini dimana lahan pertanian maupun kebun yang semakin terbatas dengan memiliki keterampilan menanam secara hidroponik," kata Sertu Yoyok.
                             

Kegiatan penyuluhan pertaninan tanaman hidroponik disampaikan oleh Dini Cantikawati, kemudian dilanjutkan presentasi pelatihan tentang tata cara budidaya tanaman hidroponik, bahwa budidaya tanaman hidroponik kini semakin banyak dilakukan orang karena caranya yang amat mudah dan tidak memakan tempat.

"Jenis tanaman yang dapat dikembangkan pun cukup bervariasi, mulai dari sayuran hingga buah-buahan," terangnya.

Target yang akan dicapai dari pelaksanaan tanam budidaya Hidroponik ini yaitu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para ibu oleh Pokmas Ketupat Mas Kelurahan  Kedopok tentang cara menanam sayuran dengan media tanam hidroponik untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kualitas hidup keluarganya.

Lurah Kedopok Moh Yunus, dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa adanya pelatihan cara bercocok tanam dengan metode hidroponik yang diberikan oleh Dinas Pertanian tersebut diharapkan bisa menjadi terobosan baru bagi masyarakatnya dalam memanfaatkan lahan pekarangan yang ada.

"Kami sangat berterima kasih telah diadakan pelatihan ini, mudah-mudahan warga lebih inofatif dan kreatif dalam pemanfaatan lahan kosong di rumahnya terutama ibu-ibu Pokmas Ketupat Mas Kelurahan Kedopok ini bisa memahami dan menyerap ilmu yang diberikan sehingga nantinya langsung bisa di praktekkan di rumah masing-masing," tandasnya.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler